Sederet Manfaat Kenalkan Olahraga Sejak Dini pada Anak

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 196 2229131 sederet-manfaat-kenalkan-olahraga-sejak-dini-pada-anak-474O4V6IRu.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SEJAK dini ajarkan kebiasaan baik kepada anak-anak, misalnya saja menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu aktivitas yang paling menyenangkan adalah berolahraga.

Ada beragam manfaat jika orangtua mau mengajarkan anak olahraga sejak dini. Dijelaskan Psikolog Anak Vera Itabiliana, mengenalkan olahraga kepada anak sejak dini dapat menjadi dasar pembentukan karakter mereka. Orangtua tentu sangat membutuhkan hal ini demi kebaikan si kecil.

olahraga

“Melalui olahraga, anak dapat belajar untuk disiplin, pantang menyerah, percaya diri, dan berjiwa sportif," kata dia.

Di samping itu, sambung Vera, olahraga juga bermanfaat untuk melatih konsentrasi. Anak pun menjadi lebih bahagia dan bersemangat dalam memperoleh prestasi di sekolah.

Terlebih untuk saat ini, momen yang tepat karena anak belajar di rumah si saat pandemi Covid-19. Kalau mereka rajin olahraga di rumah, tentu fokus belajarnya juga dapat bertambah.

Makanya dibutuhkan peran orangtua untuk menyeimbangkan antara pengembangan anak di bidang akademis dan non-akademis seperti olahraga. "Keduanya bisa saling mendukung ke arah tumbuh kembang anak yang baik,” ungkap Vera.

Sementara itu, ditambahkan Business Executive Officer Beverages Business Unit Nestle Indonesia Mirna Tri Handayani, meski beraktivitas di rumah saja, bukan berarti orangtua mengabaikan kebiasaan sehat anak. Justru di momen inilah yang bisa memudahkan orangtua mengontrol anak agar mau menjalankan hidup sehat.

"Dengan hadirnya berbagai kegiatan olahraga bagi anak di rumah, kami percaya bahwa olahraga tidak hanya memberikan manfaat jasmani. Namun juga mengajarkan nilai-nilai terbaik dalam kehidupan," ucap Mirna lewat keterangan resmi Milo #GenerasiSehat&Aktif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini