7 Tips Menyenangkan agar si Kecil Tak Rewel di Rumah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 14 Juni 2020 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 196 2229173 7-tips-menyenangkan-agar-si-kecil-tak-rewel-di-rumah-y1yW0tYWAK.jpg Ilustrasi (Foto : Asiaone)

Memiliki bayi yang masih berusia beberapa bulan selama pandemi virus corona Covid-19 bukanlah suatu hal yang mudah. Anak akan mudah sekali rewel karena merasa bosan dengan lingkungan sekitarnya yang itu-itu saja. 

Tentunya sebagai orangtua, Anda wajib sabar dan memahami apa yang diperlukan oleh sang anak. Merangkum dari Asia One, berikut beberapa trik yang bisa digunakan untuk membuat anak Anda tetap anteng saat berada di rumah.

1. Berikan anak simpul maupun ikatan

Anak kecil sangat suka menggerakkan jari-jarinya. Cara teraman dan termudah untuk membuat si kecil anteng untuk beberapa waktu dengan memberinya ikatan sederhana pada ujung sapu tangan yang lembut dan bersih. Berikan ia kesempatan untuk melepaskannya sendiri.

2. Cermin

Cermin

Bayi masih belum menyadari apa itu cermin. Memberikan cermin kepada anak bisa membuat anak menjadi anteng. Ia akan mengamati bayangannya sendiri dan menganalisis apa yang dilihat. Namun pastikan lengan anak Anda sudah cukup kuat untuk memegang cermin.

3. Sebungkus makanan ringan

Memberikan sebungkus makanan ringan bisa menjadi cara lain yang efektif untuk mengalihkan perhatiannya. Goyangkan isi makanan ringan dengan lembut. Akan lebih baik jika makanan ringan tersebut memiliki kemasan yang berwarna-warna cerah dan gambar yang lucu.

4. Berikan sepotong tisu

Anda bisa mengajak anak bermain dengan modal tisu. Tiup sehelai tisu dengan kipas angin dan perhatikan reaksi sang anak. Biasanya mereka akan mencoba untuk menangkap tisu tersebut untuk merangsang perkembangan keterampilan motoriknya.

Tisu

5. Label pakaian

Bayi paling senang memperhatikan label pakaian. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk memancingnya berinteraksi seperti menyuruhnya membaca atau maupun bergurau dengannya.

6. Lemari pakaian

Rasa ingin tahu seorang anak sangatlah besar. Bermain dalam lemari pakaian bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mengajarinya untuk menyentuh berbagai macam kain yang memiliki tekstur berbeda untuk memberikan anak Anda latihan yang baik.

7. Diri sendiri

Seorang anak tidak akan menyadari bahwa diri Anda adalah mainan terbaik untuk usianya. Biarkan sang anak menyentuh wajah Anda. Buat mereka tertawa dengan menyentuhkan ujung jari Anda ke telinga, mengacak rambutnya dan mengobrol dengan bayi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini