Pulang dari Pasar Biar Enggak Bawa Corona ke Rumah? Lakukan Tips Ini Ya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 298 2228931 pulang-dari-pasar-biar-enggak-bawa-corona-ke-rumah-lakukan-tips-ini-ya-bYsyuo6Ivn.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

PEMERINTAH Indonesia telah mengizinkan sejumlah bidang usaha untuk kembali beroperasi. Khususnya pasar dan supermarket selama masa transisi menuju new normal.

Tentunya beberapa tempat umum yang ramai dikunjungi, seperti pasar dan supermarket membutuhkan penanganan khusus agar terhindar dari virus corona Covid-19.

Belum lama ini Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) membagikan panduan adaptasi kebiasaan baru saat belanja ke pasar atau pusat perbelanjaan melalui akun Instagram resminya @kemenkominfo.

Setidaknya ada enam protokol kesehatan yang harus dipatuhi untuk mengurangi potensi terinfeksi Covid-19. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Baca Juga: New Normal, Jangan Gunakan Pisau yang Sama untuk Makanan Mentah dan Matang

pasar

1. Selalu menggunakan masker dengan benar di area publik.

2. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

3. Sedapat mungkin melakukan transaksi non tunai saat berbelanja

4. Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung dan mulut.

5. Tetap menjaga jarak dari orang lain minimal satu meter.

6. Tidak berlama-lama berada di pasar maupun pusat perbelanjaan.

Protokol kesehatan tidak hanya berlaku saat berbelanja ke pasar maupun pusat perbelanjaan. Seseorang juga harus memperhatikan protokol kesehatan setibanya mereka di rumah. Hal ini disampaikan oleh Dokter Reisa Broto Asmoro.

Lewat akun YouTube dokter cantik ini membagikan delapan hal yang harus di lakukan saat tiba di rumah. Penasaran seperti apa? Simak yuk!

1. Buka sepatu atau sandal sebelum masuk ke rumah

2. Bersihkan sepatu atau sandal dengan cairan desinfektan pada seluruh sisi

3. Bersihkan pula barang-barang yang di bawa pergi

4.Kalau berbelanja, buang segera kantong belanjanya atau bawa sendiri kantong belanja yang terbuat dari kain sehingga bisa dicuci. Jangan lupa buang semua tanda terima pembelian seperti kuitansi, bon-bon atau kertas yang bisa di buang.

5. Masuk rumah dengan bertelanjang kaki atau tanpa alas kaki, kemudian langsung cuci tangan. Jangan lupa bersih-bersihnya dengan sabun antiseptik dan air yang mengalir selama 20 detik.

6. Begitu masuk rumah jangan lantas duduk di kursi atau di tempat tidur. Lebih baik langsung masuk ke kamar mandi dan buka pakaian kotornya, langsung tempatkan ke tempat baju kotor yang khusus dan tertutup, lalu bawa ke mesin cuci.

7. Langsung segera mandi, gosok gigi, keramas dan lain-lain.

8. Kenakan pakaian yang bersih dan baru, baru kemudian boleh menyentuh barang-barang dan bertemu dengan keluarga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini