Membekukan Es Krim yang Sudah Mencair Ternyata Bisa Buat Kita Keracunan Loh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 13 Juni 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 298 2229216 membekukan-es-krim-yang-sudah-mencair-ternyata-bisa-buat-kita-keracunan-loh-8EL8foZNnV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SIAPA yang suka makan es krim? Hampir semua orang yang tidak memiliki gangguan gigi suka makan es krim, terutama anak-anak. Tapi hati-hati loh es krim bisa saja membuat orang keracunan.

Bukan karena bahannya yang kadaluwarsa, tapi karena cara memakan es krim yang salah. Mah, kesalahan itu ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Melansir Mirror, es krim bisa menjadi penyebab keracunan makanan apabila dikonsumsi dengan cara yang salah. Seorang dosen Ilmu Biomedis dari Aston University, Amreen Bashir membeberkan kesalahan memakan es krim.

“Terlalu banyak konsumsi es krim bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas karena kadar gula yang tinggi. Tapi es krim benar-benar berpotensi menyebabkan penyakit,” ujar Amreen.

Makan es krim

Dirinya menyebutkan kesalahan paling umum adalah membekukan kembali es krim yang sudah mencair. Pasti banyak dari Anda yang membeli es krim di mini market untuk dimakan di rumah.

Sesampainya di rumah, agar es krim tetap nikmat untuk dimakan rata-rata memilih menaruhnya lagi di freezer agar kembali beku.

"Es krim mencair dengan cukup cepat pada suhu kamar. Di sisi lain, cairan manis adalah tempat yang paling disenangi oleh bakteri, salah satunya Listeria," katanya.

"Ketika es krim yang sudah mencair dibekukan kembali, pertumbuhan bakteri bisa dua kali lebih banyak,” jelas Amreen.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini