Sering Makan Apel Bisa Menjaga Imunitasmu Loh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 481 2228996 sering-makan-apel-bisa-menjaga-imunitasmu-loh-fYaDPofXDI.jpg Ilustrasi. (Prevention)

BAIK anak-anak atau orang dewasa sangat suka makan apel. Tahu enggak ya, apel kaya nutrisi yang dapat menjaga imunitas tubuh.

Seperti dilansir dari Times of India, Jumat (12/6/2020), apel dianggap sebagai buah paling bergizi di dunia. Apel dapat memenuhi kebutuhan nutrisi maksimum tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mudah.

Di tengah pandemi Covid-19, Anda membutuhkan asupan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terserang virus bukan?

makan apel

Baca Juga: Bahaya yang Mengintaimu, Jika Kamu Konsumsi Nanas Terlalu Banyak

Tak hanya berfungsi untuk melawan virus, Apel juga berfungsi untuk memberikan kekebalan tubuh agar tak terinfeksi penyakit musiman lainnya. Faktanya, tubuh kita memiliki mekanisme alami untuk menanggapi benda asing yang menyerang seperti mikroba, serbuk sari tanaman, atau virus biasa. Ini sering memicu proses yang disebut peradangan.

Peradangan yang terjadi di tubuh manusia beragam. Mulai dari yang ringan hingga yang mengancam tubuh. Untuk itu, kehadiran antioksidan fitokimia dalam apel dapat membantu melindungi terhadap flu musiman, flu, dan penyakit lainnya.

Buah-buahan seperti apel dikenal untuk menciptakan sistem kekebalan yang lebih kuat, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko penyakit seperti flu.

Apel kaya akan serat larut seperti pektin yang dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit terkait obesitas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Menurut sebuah studi dari University of Illinois, ada studi yang menggunakan sample hewan, yang diberi makan diet rendah lemak dengan serat larut atau tidak larut. Kemudian dibadi dua kelompok dan ternyata menunjukkan respon yang berbeda.

Disebutkan bahwa hewan yang diberi makan serat larut menunjukkan lebih rendah risiko penyakit dan hewan tersebut lebih cepat pulih saat terinfeksi penyakit. Bahkan, kemudian diamati bahwa hasilnya sama ketika tes yang sama dilakukan pada manusia.

Perlu Anda tahu, apel juga merupakan sumber vitamin C yang baik yang juga dikenal sebagai asam askorbat. Vitamin C adalah nutrisi makanan penting yang memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh Anda dan sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat penting lain dari makan apel adalah kandungan seratnya yang tinggi yang membantu meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini