Ini Cara Mencegah Penyakit Metabolik di Tengah Pandemi Covid-19

Jum'at 12 Juni 2020 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 481 2229049 ini-cara-mencegah-penyakit-metabolik-di-tengah-pandemi-covid-19-xAa2oD9ehM.jpg Banyak makan dan rebahan (Foto: Istock)

Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Endokrin Metabolik, dr. Roy Panusunan Sibarani Sp.PD-KEMD mengatakan, selain gelombang kedua Covid-19 yang diperkirakan akan muncul setelah Juni, pada saat yang bersamaan juga ada potensi gangguan kesehatan metabolik yang meningkat. Hal ini harus diwaspadai.

"Sebenarnya kalau hanya fokus pada Covid-19 justru membuat orang jadi tidak awas terhadap penyakit metabolik. Padahal penyakit metabolik itu adalah penyakit degeneratif. Makin tua maka makin banyak kemungkinan terkena penyakit metabolik seperti diabetes, darah tinggi, dan gangguan kolesterol," kata dr. Roy.

 rebahan

Seperti dilansir dari Sindo News, guna mencegah timbulnya penyakit metabolik, dia menyarankan agar masyarakat melakukan pola hidup yang baik dengan olahraga rutin. Lalu konsumsi makanan sehat serta bergizi.

Pada saat era Covid-19 dan kebnayakan di rumah saja, ujar dr. Roy, masyarakat tetap tetap bisa melakukan pola hidup yang baik. Misalnya orang yang biasanya olahraga di gym, dapat mengganti olahraga di rumah saja.

Sebaliknya, untuk mereka yang belum memiliki pola hidup baik pada saat pre-Covid-19, di masa pandemi ini justru menjadi waktu yang tepat untuk membenahi pola hidup menjadi lebih baik.

 Baca Juga : Pandemi Covid-19, Dokter Reisa Ajak Masyarakat Sering Cuci Tangan

"Memperbaiki pola hidup di antaranya dengan cara berolahraga teratur, tidur cukup, minum air putih cukup, serta makan makanan bergizi dan suplemen yang baik," katanya.

Sebenarnya Covid-19 dan penyakit metabolik memiliki satu kesamaan untuk pencegahan. Yakni disiplin melakukan pola hidup yang baik dan sehat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini