Muncul Flek saat Awal Kehamilan, Kenapa Ya?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 481 2229205 muncul-flek-saat-awal-kehamilan-kenapa-ya-Tga0YYxSpr.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SELAIN mual, keluhan ibu hamil saat melalui trimester pertama adalah keluar flek. Tentunya masalah ini membuat bumil khawatir dengan kondisi kehamilannya.

Banyak faktor penyebab flek yang harus Anda ketahui. Spesialis Kandungan dr Ali Sungkar, SpOG dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo menjelaskan lebih lanjut.

hamil

Dokter Ali Sungkar mengatakan, penyebab muncul flek disebabkan karena implantasi yang tak sempurna, ketidakseimbangan hormon, hasil konsepsi yang tak sempurna.

Baca Juga: Ada Bayi Positif Corona, Dokter Reisa: Jangan Pegang kalau Bukan Orangtuanya

"Bisa kelainan kromosom dengan respon tubuh yang mengeluarkan flek, kelainan darah," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Dokter Ali Sungkar menambahkan, saat flek muncul di usia pertama kehamilan Anda, solusinya adalah periksakan ke dokter. Nantinya dokter akan mencari detil penyebabnya dan tata laksana atau tindakan.

Meski flek wajar dialami bumi, Dokter Ali Sungkar mengingatkan agar Anda perlu waspada. Terlebih jika terjadi sepanjang masa kehamilan.

Karena munculnya flek juga bergantung pada jenis kelainannya. Apabila penyebabnya karena plasenta previa, maka keadaan plasenta yang implantasinya (penempelennya) tidak pada tempat yang seharusnya yaitu di bagian atas rahim, serta menjauhi jalan lahir, atau terjadi kelainan darah, maka flek dapat berlanjut terus.

"Cara mendeteksi keadaan tersebut adalah dengan USG," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini