Kecemasan Sebabkan Insomnia, Lakukan 3 Hal Ini untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 14 Juni 2020 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 481 2229264 kecemasan-sebabkan-insomnia-lakukan-3-hal-ini-untuk-tingkatkan-kualitas-tidur-uS5CGRDlRp.jpg Ilustrasi (Foto : Medicalnewstoday)

Selain berdampak pada ekonomi dan aktivitas sosial lainnya, pandemi Covid-19 juga memengaruhi kesehatan mental. Di Amerika, jika biasanya terdapat 18% masyarakat yang menderita kecemasan, pada akhir Mei meningkat jadi 30% akibat Covid-19.

Patrick K Porter, pendiri aplikasi kesehatan berbasis otak yang membantu mengurangi stres mengatakan bahwa kecemasan dapat menyebabkan gangguan tidur.

"Tidur memainkan peran utama dalam kesehatan fisik dan mental," ujar Patrick.

Sementera itu, pakar tidur Christoper Lindholst mengatakan, stres yang dialami seseorang karena kehilangan orang tersayang akibat korban Covid-19. Kehilangan pekerjaan karena PHK masal juga dapat mengakibatkan kecemasan yang secara alami akan menyebabkan gangguan tidur.

"Jika Anda tidak cukup tidur, itu dapat berdampak besar pada kemampuan Anda untuk mengatasi stres," kata Lindholst.

Baca Juga : Ada Bayi Positif Corona, Dokter Reisa: Jangan Pegang kalau Bukan Orangtuanya

Selain kuantitas (durasi), ternyata kualitas tidur lebih penting dalam mempengaruhi kesehatan Anda. Untuk itu, melansir Fast Company, berikut 3 hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Matikan Lampu

Matikan Lampu Kamar

"Mulailah mematikan lampu Anda 30 menit hingga 2 jam sebelum tidur. Ini akan membantu otak untuk bersiap," kata Porter.

Tidur siang

Lindholst merekomendasikan untuk tidur siang 10 hingga 20 menit. "Jangan berlebihan," katanya.

“Sepuluh hingga 20 menit membuat Anda dalam tahap tidur yang lebih ringan. Jika Anda tidur lebih nyenyak, Anda akan merasa pusing ketika bangun."

Hindari ngemil sebelum tidur

Ngemil Malam

Pencernaan membutuhkan hingga 10% dari energi tubuh, dan Anda tidak dapat mencapai tingkat tidur yang dalam sampai makanan Anda berpindah ke usus kecil, kata Porter.

"Jangan minum atau makan makanan apa pun kecuali air setidaknya dua jam sebelum tidur, dan yang terbaik adalah empat jam," katanya.

"Siklus tidur Anda tidak dapat mulai sampai pencernaan selesai. Jika tidak memulai siklus tidur, Anda tidak memicu melatonin, yang harus dipicu antara tengah malam dan 2 pagi untuk tidur yang berkualitas."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini