Resep Masakan Udang Goreng Sambal Dabu-Dabu, Duh Gurihnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 13 Juni 2020 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 13 298 2229546 resep-masakan-udang-goreng-sambal-dabu-dabu-duh-gurihnya-Efs1unXR4d.jpg Udang Goreng Dabu-Dabu. (Foto: Berbagiresep)

AKHIR pekan memang sangat cocok untuk meluangkan waktu memasak makanan, tidak ada salahnya loh. Siapa tahu, bagi yang masih jomblo bisa memikat calon pasangan dengan masakanmu ini.

Nah, kali ini kalian bisa mencoba untuk membuat udang goreng sambal dabu-dabu, seperti dilansir dari Berbagiresep. Yuk Disimak.

Bahan 1:

600 gr udang pancet, berukuran sedang, buang kotoran di punggungnya, biarkan kepala dan kulitnya tetap ada

500 ml minyak goreng untuk menggoreng

Bahan 2: (marinasi)

1 sdt garam

1 sdt Desaku Kunyit Bubuk

1 sdt Desaku Ketumbar Bubuk

4 sdm air

Bahan 3: (sambal dabu-dabu)

8 buah cabe rawit hijau, rajang

8 buah cabe rawit merah, rajang

2 buah tomat apel hijau, potong dadu

1 buah tomat apel merah, potong dadu

30 gr daun kemangi, ambil daunnya saja

1 sdt garam

2 sdm minyak kelapa

3 buah jeruk nipis, ambil airnya

10 buah bawang merah, rajang

Cara Membuat :

1. Campur bumbu marinasi (bahan 2) di dalam mangkuk kecil, aduk rata. Panaskan minyak goreng di wajan. Setelah cukup panas, masukkan udang.(Baca juga: Tahu Kemul, Makanan Khas Jawa Tengah yang Mudah Dibuat);

2. Setelah udang ½ matang, masukkan ½ bagian bumbu marinasi ke dalam wajan, aduk-aduk sampai bumbu marinasi tercampur rata dengan udang;

3. Setelah udang ¾ matang, masukkan sisa bumbu marinasi ke dalam wajan. Lanjutkan menggoreng udang hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan. Campur semua bahan sambal dabu-dabu di dalam mangkuk, aduk rata.

Sementara untuk cara penyajiannya, Anda bisa meletakkan udang goreng di piring saji, baru kemudian siram dengan sambalnya. Selamat makan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini