Waspada, Lansia Gampang Marah Cepat Terserang Penyakit!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 13 Juni 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 13 481 2229446 waspada-lansia-gampang-marah-cepat-terserang-penyakit-zUkTQ87isl.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APAKAH Anda memiliki orang tua yang mudah marah? Jika iya, mulai sekarang Anda mesti menangani masalah tersebut. Sebab, kesehatan mereka terancam.

Ya, dilihat dari kacamata dunia medis, mereka yang mudah marah ternyata gampang terserang penyakit. Hal ini akan sangat berisiko pada kelompok lansia.

Diterangkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Geriatri dr. Ni Ketut Rai Purnami, SpPD-KGer, sangat berbahaya kelompok lansia yang mengalami depresi, stres, atau mudah tersulit emosi atau gampang marah. Sebab, ini memengaruhi kualitas kesehatan.

Lansia marah-marah

"Gampang marah itu merangsang pelepasan hormon glukokortikoid dan glukagon yang akan meningkatkan proses peradangan," katanya saat Webinar Zoom, Sabtu (13/6/2020).

Selain memiliki dampak buruk tersebut, lansia yang mudah marah juga sangat berisiko terserang penyakit. Ini dikarenakan kedua hormon jahat tersebut juga melemahkan sistem imunitas tubuh. Makanya, kesehatan mental lansia mesti dijaga dengan baik.

Dokter Rai menambahkan, agar lansia itu tetap bugar di usianya, perlu mendapat support dari keluarga dalam hal asupan makanan bergizi dan juga tetap bergerak aktif sewajarnya.

Ya, lansia sangat dianjurkan untuk olahraga, tapi berbeda dengan mereka yang masih muda. Ketika lansia berolahraga tidak terkontrol, ini malah memberi dampak buruk untuk kesehatannya.

"Sangat dianjurkan bagi lansia untuk olahraga ringan seperti jalan santai, yoga gerakan sederhana, jogging, bersepeda, atau renang," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini