Share

Pentingnya Vaksin Influenza untuk Lansia saat Pandemi Covid-19, Apa Sebabnya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 13 Juni 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 13 612 2229473 pentingnya-vaksin-influenza-untuk-lansia-saat-pandemi-covid-19-apa-sebabnya-FLHMHMkSHw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KELOMPOK masyarakat yang rentan terinfeksi Covid-19 adalah lansia dan orang dengan penyakit kronis. Karena itu, kelompok ini mesti dijaga dengan sangat baik dari risiko paparan virus corona.

Pada kasus lansia, mereka ini menjadi sangat berisiko karena sistem imunitas tubuh tak lagi kuat. Karena itu, salah satu kunci pencegahan Covid-19 pada lansia adalah memperkuat imunitas.

Di sisi lain, pemberian vaksin influenza pun bisa membantu memperkuat tubuh lansia melawan Covid-19. Dikatakan Ketua PAPDI Cabang Bali, dr. I Gusti Putu Suka Aryana, SpPD, K-Ger, FINASIM, vaksin ini cukup penting agar tidak memperbesar risiko penyakit berbahaya yang timbul di tengah pandemi.

"Vaksin influenza penting sekarang ini. Sebab lansia sangat rentan. Terlebih, fakta yang ada adalah lansia sangat berisiko keparahan ketika terinfeksi Covid-19. Vaksin ini bisa mencegah penyakit berbahaya," terangnya pada Webinar Zoom, Sabtu (13/6/2020).

Dokter Suka melanjutkan, jika lansia khawatir akan risiko muncul demam atau panas setelah diberikan vaksin, hal tersebut tidak akan terjadi. Sebab, vaksin ini terbilang aman dan nyaman.

"Jadi, pada lansia efek samping pemberian vaksin influenza tidak ada. Karena itu, kami merekomendasikan untuk lansia setiap tahunnya diberikan vaksin influenza. Masyarakat mesti tahu juga vaksin ini cenderung relatif murah, sehingga semua lansia diharapkan bisa mendapatkannya," sambungnya.

Perlu Anda ketahui, selain penting untuk menjaga kesehatan tubuh lansia di tengah pandemi Covid-19, vaksin influenza yang diberikan ke lansia juga baik untuk mencegah risiko beberapa penyakit khas lansia.

"Pada lansia yang menerima vaksin influenza, risiko menurun pada penyakit stroke (65%), diabetes (55%), pneumonia (53%), hingga masalah jantung risikonya turun (22%). Jadi, vaksin ini sangat bermanfaat untuk lansia," tambah dr Suka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini