Resepsi Pernikahan Era New Normal, Wedding Consultant: Semua Wajib Pakai Masker

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 481 2230032 resepsi-pernikahan-era-new-normal-wedding-consultant-semua-wajib-pakai-masker-QcQVqTNUkG.jpg Menikah era new normal (Foto: Asbury Park Press)

Setelah pemerintah mengumumkan kelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau yang lebih dikenal dengan istilah new normal, semua kegiatan pun dapat dilakukan kembali. Dengan catatan, semua harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Termasuk mengadakan resepsi pernikahan, ada beberapa hal yang harus dipatuhi demi mencegah penyebaran virus corona.

 pernikahan era new normal

Wedding Consultant Argenty Caesya mengatakan, baik dari pihak pengantin maupun tamu undangan, semua wajb menerapkan protokol kesehatan utama Covid-19, yakni mengenakan masker.

"Sudah diketahui bahwa protokol pencegahan Covid-19 yang selama ini digaungkan pemerintah yakni mengenakan masker dan membawa hand sanitizer. Oleh karena itu, semuanya wajib mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Tak terkecuali untuk menhgadiri pesta pernikahan," ungkap Argenty dalam program Special Report iNews TV belum lama ini.

Selain itu, ia juga mengimbau agar pihak Wedding Organiser (WO) mengantisipasi dan mengambil langkah jika ditemukan tamu undangan yang tidak tertib seperti tidak menggunakan masker.

"Untuk kendala mungkin tamu yang kurang konsen pakai masker, tim WO harus provide masker buat tamu yang masih bandel," sambung Argenty.

Di sisi lain, Ketua Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan Indonesia (Hastana),Gandy Priapratama mengungkapkan, akan ada protokol lainnya yang diterapkan dalam resepsi pernikahan selain semua diimbau untuk mengenakan masker.

Baca juga: Orang Jawa Timur Ngebet Liburan, Nih Curhatannya saat Datangi Objek Wisata Keren di Malang

Dia mengatakan, jika calon pengantin menginginkan resepsi pernikahan di gedung, kapasitas gedung tidak boleh melebihi 50 persen. "Jadi kalau kapasitas normal gedung tersebut adalah 1000 orang, maka kali ini tak boleh lebih dari 500 orang."

Gandy juga mengimbau para anggotanya agar menyediakan waiters untuk mengambilkan makanan ke para tamu undangan, menyediakan pos pengecekan suhu, mengimbau untuk membawa hand sanitiser pribadi, serta mewajibkan penerapan physical distancing.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini