Tak Bawa Semprotan Kloset? Lakukan BAB Gaya Squat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 481 2230391 tak-bawa-semprotan-kloset-lakukan-bab-gaya-squat-HRVzpQ9qvv.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Sekarang ini nongkrong di mal mesti menerapkan protokol kesehatan. Bukan cuma bawa dompet dan ponsel, tapi Anda juga wajib mengantongi masker cadangan, tisu basah, hand sanitizer, bahkan toilet seat spray atau semprotan kloset.

Barang-barang ini wajib dibawa saat ke mal. Namun, kalau ternyata Anda ketinggalan bawa toilet seat spray saat ke mal, alternatif cara mesti Anda lakukan.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD, Anda mesti tahu dulu bahwa kloset toilet umum itu sangat kotor, karena banyak orang dengan berbagai jenis menggunakannya. Karena itu toilet seat spray wajib dipakai.

"Tapi, kalau memang enggak bawa, Anda mesti menggunakan toilet jongkok," saran dokter Indah saat diwawancarai Okezone, Senin (15/6/2020).

Sakit Perut

Sementara itu, kalau kasusnya toilet jongkok pun penuh dan Anda tak bisa menahan rasa ingin buang air besar, maka solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan BAB gaya squat.

"Jadi, kalau terpaksa Anda mesti menggunakan toilet duduk tapi enggak bawa toilet seat spray, maka buang air besarnya harus dalam posisi squat. Ya, itung-itung sekalian olahraga," ungkapnya.

Selain hal tersebut, Anda yang menggunakan toilet umum juga mesti sadar bahwa pegangan pintu, flush, dan krannya itu menyimpan banyak bakteri. "Makanya, saran saya wajib cuci tangan setelah selesai dari kamar mandi, ya," saran dr Indah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini