Feses Berwarna Hijau, Jangan Panik Dulu Kenali 5 Penyebabnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 21:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 481 2230612 feses-berwarna-hijau-jangan-panik-dulu-kenali-5-penyebabnya-rsVfeYkcEz.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Kotoran alias feses kita memang bisa menajdi indikator kesehatan yang harus diwaspadai. Jangan salah, kotoran bisa menjadi tanda tubuh kita tengah mengalami keadaan yang tidak biasa.

Pada kondisi kesehatan normal, umumnya feses berwarna cokelat, tapi bisa saja kotoran berubah warna. Ambil contoh feses yang warnanya menjadi hijau. Kondisi itu mungkin akan membuat orang bertanya-tanya penyebabnya.

Menurut Christina Stiehl, penulis Health and fitness di Thrillist, inilah beberapa faktor yang membuat feses berwarna hijau :

Banyak mengonsumsi sayuran hijau

sayuran

Sering mengonsumsi sayuran hijau terutama kangkung dan bayam memang sangat baik untuk tubuh. Tapi di sisi lain, hal itu dapat mengubah warna feses menjadi hijau. Perubahan dapat terjadi apabila jumlah sayuran hijau yang dikonsumsi terlalu banyak.

Baca Juga : Viral Kucing Langka Punya Dua Wajah, Intip Penampakannya!

Infeksi

Perubahan feses menjadi warna hijau biasanya bukan tanda yang mengkhawatirkan. Akan tetapi, bila feses hijau itu terjadi bersamaan dengan diare, maka harus segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab bisa jadi terjadi infeksi di sistem pencernaan.

Konsumsi makanan tinggi lemak

Terlalu banyak mengonsumsi lemak dapat membuat feses berwarna hijau. Hal ini dikarenakan empedu bekerja terlalu keras untuk mencerna lemak. Oleh karenanya, orang yang menjalani diet keto sering mendapati fesesnya berwarna hijau.

daging

Meminum Hi-C Ecto Cooler

Mengonsumsi makanan apa pun yang berwarna hijau atau ungu juga bisa menyebabkan feses berwarna hijau. Lapisan gula berwarna, minuman pewarna buatan, dan makanan lain dengan warna-warna cerah yang tidak alami dapat masuk ke feses dan mengubah warnanya.

Sistem pencernaan bekerja terlalu cepat

Gangguan gastrointestinal ringan dapat memengaruhi warna feses. Menurut Dr. Gina Sam, ahli gastroenterologi di New York City, feses berwarna hijau biasanya karena pergerakan melalui sistem pencernaan terlalu cepat.

Usus tidak punya cukup waktu untuk memecah empedu yang membantu memecah makanan. Sedangkan warna empedu sendiri cenderung berwarna kuning atau usus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini