Jangan Remehkan Nyeri Punggung, Atasi dengan 5 Gerakan Simple Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 612 2230625 jangan-remehkan-nyeri-punggung-atasi-dengan-5-gerakan-simple-ini-hHMUgRLElH.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu penyakit yang menghantui para pekerja adalah nyeri punggung yang diakibatkan oleh kesalahan saat duduk. Meskipun terlihat biasa terjadi, tapi nyeri punggung tidak bisa dianggap sepele loh.

Asal tahu saja, jika dibiarkan nyeri punggung akan menjadi penyakit yang harus diobati jangka panjang atau melakukan operasi invasif. Jadi, sebelum menjadi terlalu parah, nyeri punggung dapat diatasi dengan peregangan sederhana.

Peregangan berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri. Melansir Metro, inilah beberapa gerakan peregangan yang bisa dilakukan di meja kerja saat punggung terasa nyeri:

Rotasi tengah

Gerakan ini diawali dengan duduk tegak di kursi dan letakkan tangan di meja sehingga membuat sudut 90┬░. Kemudian putarlah badan dari kiri ke kanan sebanyak 10 kali dan begitu juga sebaliknya. Gerakan rotasi ini dapat meregangkan otot lateral dan otot trapezius yang menempel pada punggung tengah untuk mencegah nyeri.

Nyeri punggung

Peregangan leher

Untuk melakukan gerakan ini, duduklah tegak di kursi dan taruhlah tangan di atas meja. Kemudian putar leher ke arah bahu kiri. Kemudian ulangi gerakan dengan memutar leher ke arah bahu kanan. Lakukan gerakan memutar selama 10 detik dan ulangi masing-masing 5 kali. Gerakan ini dapat mengurangi ketegangan dan nyeri leher karena membungkuk saat melihat layar.


Peregangan bahu posterior

Langkah untuk melakukan peregangan adalah meletakkan satu tangan di belakang dada sementara tangan satunya menarik telapak tangan tersebut dari atas. Tahan posisi ini selama 5 detik kemudian ulangi pada tangan yang berbeda.

Gerakan ini dapat meregangkan otot-otot antara tulang belikat yang berada di dekat leher. Otot-otot tersebut bisa menjadi tegang karena posisi leher ketika menatap layar komputer terus menerus.

Mengangkat bahu

Gerakan selanjutnya yang bisa dilakukan dengan mudah adalah mengangkat bahu ke arah bagian bawah telinga. Tahan selama beberapa detik, kemudian turunkan bahu kembali. Ulangi gerakan sebanyak 10 kali. Gerakan ini dapat mengurangi ketegangan serta memobilisasi tulang belikat dan punggung atas.

Peregangan mundur

Gerakan ini mengharuskan Anda berdiri dari kursi. Selanjutnya tautkan jari dari kedua tangan dan tarik ke belakang untuk meregangkan otot-otot di depan dada. Gerakan ini dapat membantu mengurangi rasa sakit di punggung bagian atas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini