Anak Sekolah New Normal Kesannya Main Terus, Ini Sebabnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 196 2230834 anak-sekolah-new-normal-kesannya-main-terus-ini-sebabnya-oEu2kAvm1l.jpg Anak belajar di rumah (Foto: Shutterstock)

Saat sekolah masih dilakukan di rumah, anak-anak diharapkan bisa belajar dengan maksimal dengan cara baru. Namun, kesannya saat ini anak sekolah lebih banyak waktu libur dan main. Hal ini pun jadi masalah baru.

Ini bisa terjadi karena pada beberapa sekolah kelas online hanya dilakukan satu pelajaran dalam sehari, berbeda dengan sekolah pada umumnya yang biasanya diisi tiga pelajaran per hari. Sebetulnya, kondisi ini memberi pengaruh baik pada anak-anak murid sekolah sekarang.

 anak banyak belajar di rumah

Pengamat Pendidikan Itje Chodidjah menjelaskan, penerapan mata pelajaran sedikit di waktu sekolah online ini justru baik untuk murid-murid.

"Karena, murid sekolah memerlukan penyesuaian diri dan dalam kondisi seperti ini yang dibutuhkan anak adalah tetap mendapatkan asupan ilmu tapi dengan cara yang lebih baik," papar Itje saat diwawancarai Okezone, Selasa (16/6/2020).

Oleh karena itu, jumlah pelajaran per minggu cukup 5 saja. Kemudian, evaluasi dilakukan per dua minggu sekali supaya pelajaran yang diterima si anak tidak terlalu padat dan numpuk.

Baca juga: Cantiknya 4 Pesona Margin Wieheerm, Pacar Ali Syakieb Keturunan Timur Tengah

"Agar fokus, supaya gurunya bisa mengarahkan si anak, tidak desek-desekan materi. Dengan kata lain, ada masa memproses baik di pihak guru maupun muridnya," ucapnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini