5 Minuman Segar untuk Bumil selain Air Putih

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 298 2230758 5-minuman-segar-untuk-bumil-selain-air-putih-t2GMcjqiqR.jpg Ilustrasi. (Foreverdivina)

SELAMA masa kehamilan, penting untuk mengonsumsi air yang cukup. Air memiliki beberapa fungsi seperti menghilangkan racun, membangun jaringan, serta fungsi lainnya.

Tiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda. Bagi wanita hamil, biasanya mereka membutuhkan 1-2 liter cairan dalam tubuhnya. Air sendiri akan memenuhi hampir seluruh kebutuhan air sorang wanita hamil.

Tidak hanya air putih, masih ada beberapa minuman lain yang bisa diminum selama masa kehamilan. Dilansir Okezone dari Boldsky, berikut ulasannya.

Baca Juga: 7 Tahun Menikah Asmirandah Hamil, Sebentar Lagi Jadi Mama Muda

Smoothies

smoothie

Di trimester pertama, terkadang sulit bagi wanita hamil untuk menelan makanan. Smoothies dapat menjadi solusinya. Smoothies biasanya memiliki kandungan gula. Namun, harus diingat untuk memilih makanan dengan kandungan gula yang renda seperti kiwi, ceri, stroberi, atau alpukat. Smoothies juga dapat disajikan dengan kacang-kacangan atau chia seed.

Susu

Tidak heran jika susu baik untuk wanita hamil karena mengandung protein dan kalsium. Jenis susu yang baik untuk dikonsumsi adalah susu skim. Susu ini memiliki kadar lemak yang rendah dibanding susu full-cream. Jika tidak bisa mengonsumsi susu, minuman yang mengandung kacang kedelai dapat menjadi alternatif.

Infused water

Memasukan buah-buahan ke dalam air putih juga menjadi opsi minuman sehat bagi wanita hamil. Beberapa buah-buahan yang dapat dimasukkan seperti melon, apel, atau jeruk. Setelah buah dimasukkan, jangan lupa untuk didiamkan beberapa lama di dalam lemari es. Jika tidak begitu suka dengan rasanya, baik untuk menambahkan cengkeh, kayu manus, atautimun. Dengan demikian, rasanya akan lebih enak.

Air Kelapa

Air Kelapa juga menjadi satu opsi yang bagus untk minuman wanita hamil. Minuman ini mengandung antioksidan, potassium, magnesium dan vitamin C. Selain itu, air kelapa juga berfungsi menurunkan tekanan darah dan juga menjaga kadar gula dalam tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini