Sushant Singh Rajput Meninggal Bunuh Diri, Kenali Tanda-Tanda Depresi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 04:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 481 2230673 sushant-singh-rajput-meninggal-bunuh-diri-kenali-tanda-tanda-depresi-CLLss7DgPr.jpg Sushant Singh Rajput (Instagram)

Mantan aktor TV dan bintang film India populer, Sushant Singh Rajput membuat geger pencinta film Bollywood. Aktor berusia 34 tahun tersebut bunuh diri dengan menggantung diri di kediaman Bandra.

Sushant Singh Rajput tinggal sendirian selama lockdown. Alasan di balik dia mengambil langkah ekstrem ini tidak diketahui dengan jelas. Namun, laporan awal menyatakan bahwa dia menderita depresi selama 6 bulan terakhir.

Sushant

Dr Prakriti Poddar, seorang ahli kesehatan mental, MD Poddar Foundation berbagi, "Depresi adalah penyakit tersembunyi dan manifestasinya sangat beragam seperti orang-orang yang terpengaruh. Dalam industri hiburan, terdapat banyak tekanan kerja untuk menghasilkan sebuah karya, tidak hanya di layar tetapi di luar layar juga dengan menjalin pertemanan, berusaha menjaga image, dan berhubungan dengan orang yang tepat.

"Kami telah kehilangan terlalu banyak anak muda dan yang menjanjikan di industri hiburan karena masalah kesehatan mental. Kita mungkin tidak akan pernah tahu apa yang memicu bunuh diri ini, tetapi kemungkinan  gaya hidup yang terbatas karena lockdown dan terkurung," ujar Dr Prakriti.

Baca Juga : Romantisnya Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar, Kompak Narik Angkot

Menurutnya, kejadian ini hanyalah pengingat bahwa kesehatan mental adalah masalah yang serius.  Kesehatan mental Anda harus menjadi prioritas, tetapi pada saat yang sama, Anda harus mendukung orang lain yang berjuang dengan kondisi serupa. 

Tanda-tanda depresi

Melansir Times of India, Senin (16/5/2020) depresi tidak sama dengan perasaan lelah yang kita semua alami setelah beraktivitas seharian. Jauh lebih rumit dari itu. Depresi adalah kesedihan yang terus-menerus atau hilangnya minat dalam aktivitas sehari-hari, sehingga menyebabkan gangguan pada kehidupan.

Depresi

Depresi selalu terhubung dengan bunuh diri. Seseorang dapat mencegah orang terdekat bunuh diri jika memerhatikan tanda-tanda umum depresi.

1. Pandangan negatif terhadap kehidupan

Memiliki pendekatan negatif terhadap kehidupan adalah tanda pertama dari depresi. Seseorang merasa tidak berharga, mulai membenci dirinya sendiri dan menyalahkan segala kesalahan yang terjadi dalam hidup mereka.

2. Kehilangan minat

Orang itu tiba-tiba kehilangan minat untuk melakukan sesuatu. Bahkan mengejar hobi atau berolahraga, yang mereka sukai sebelumnya. Depresi juga disertai oleh kurangnya energi atau rasa lelah yang menyebabkan tidur berlebihan.

Depresi

3. Perubahan selera

Seseorang yang menderita depresi juga mengalami perubahan selera. Beberapa makan banyak, sementara yang lain tidak merasa lapar. Hal ini menyebabkan fluktuasi berat badan mereka secara drastis.

4. Sulit mengendalikan emosi

Orang yang mengalami depresi biasanya sulit untuk mengendalikan emosi. Kadang-kadang mereka bahagia, tetapi sesaat bisa berubah marah.

Jika Anda telah melihat gejala-gejala tersebut pada orang terdekat dan berpikir mereka akan nekat bunuh diri, langkah pertama coba sharing kepada keluarga dan teman-teman mereka. Apa pun yang terjadi, jangan tinggalkan mereka sendirian. Mereka membutuhkan dukungan Anda sekarang, lebih dari sebelumnya. Dengarkan mereka tanpa menghakimi, berdebat atau memaki. Selain itu minta mereka untuk mencari bantuan psikolog atau psikiater.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini