5 Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi yang Bisa Sebabkan Stroke

Sindonews, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 481 2230681 5-cara-turunkan-tekanan-darah-tinggi-yang-bisa-sebabkan-stroke-FY0BDVwbqK.jpg Ilustrasi (Foto : Healthline)

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang dapat memperburuk kondisi pasien Covid-19. Karenanya, penting mengurangi risiko penyakit hipertensi selain melakukan upaya pencegahan Covid-19.

Perlu diketahui sebelumnya, hipertensi terjadi saat tekanan darah di atas angka normal. Pembacaan tekanan darah dibagi menjadi dua, yaitu tekanan darah sistolik dan diastolik.

Dikutip dari Sindonews.com, tekanan darah dianggap normal jika nilai sistolik kurang dari 140 mmHg dan nilai diastolik kurang dari 90 mmHg.

Jika nilai sistolik berada lebih dari 140 mmHg dan nilai diastolik lebih dari 90 mmHg, maka seseorang dianggap memiliki tekanan darah tinggi. Sementara, seperti diketahui, hipertensi meningkatkan risiko masalah jantung, stroke, dan gagal ginjal. Oleh sebab itu, Gaya hidup sehat memainkan peran utama dalam mengontrol tekanan darah tinggi

Baca Juga : 7 Tahun Menikah Asmirandah Hamil, Sebentar Lagi Jadi Mama Muda

Lalu, bagaimana cara menurunkan hipertensi. Seperti dilansir Boldsky, berikut beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

1. Berolahraga setiap hari

Olahraga Online

Aktivitas fisik seperti aerobik dengan intensitas sedang hingga tinggi diyakini terbukti menurunkan tekanan darah sebesar 11/5 mm Hg.

2. Kurangi asupan garam

Konsumsi garam dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular. Hindari terlalu sering makan di restoran terlalu dan kurangi juga makanan olahan

3. Berhenti merokok

Orang yang merokok cenderung mengalami tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung. Jadi, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, sangat disarankan untuk segera berhenti merokok.

Berhenti Merokok

4. Hindari stres

Jika Anda memiliki banyak pikiran sampai menyebabkan stres, itu akan meningkatkan tingkat tekanan darah Anda. Anda busa mencoba mempraktikkan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga yang dapat membantu menghilangkan stres Anda.

5. Kurangi konsumsi alkohol

Minum alkohol dalam jumlah sedang hingga berat dapat meningkatkan kadar tekanan darah dan juga mengurangi efektivitas obat untuk tekanan darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini