Tak Cuma Tekanan Darah, Ternyata Klinyengan Bisa karena Dehidrasi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 481 2231067 tak-cuma-tekanan-darah-ternyata-klinyengan-bisa-karena-dehidrasi-VGXjwInL4Y.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAKIT kepala memang bisa terjadi secara mendadak. Banyak penyebab Anda mendadak sakit kepala, tapi beberapa orang kerap mengalami perasaan melayang di kepala tanpa mengalami sakit kepala.

Istilah ini dikenal dengan lightheadedness, yang merupakan bagian dari kepala pusing. Meskipun, orang Indonesia kerap menyebutnya sebagai kliyengan.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan kepala kita tiba-tiba kliyengan? Yuk, simak ulasannya berikut ini seperi dilansir dari healthline.

sakit kepala

Munculnya sensasi tidak menyenangkan di kepala ini ternyata dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Berikut berbagai penyebab yang umumnya sering menyebabkan kepala terasa ringan.

Tapi, kebanyakan adalah karena sistem saraf otonom membantu tubuh untuk mengatur perubahan tekanan darah ketika Anda berdiri. Seiring bertambahnya usia, sistem ini akan memburuk sehingga menyebabkan penurunan tekanan darah sementara.

Kondisi ini disebut juga dengan hipotensi ortostatik yang dapat menimbulkan kepala kliyengan. Turunnya tekanan darah sementara ini biasanya bersifat jangka panjang.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena beberapa obat dapat mengurangi gejalanya, seperti fludrocortisone atau midodrine. Konsultasikan lebih dahulu pada dokter sebelum Anda menggunakan obat ini.

Tapi selain karena tekanan darah yang menurun, hal ini karena Anda tengah dehidrasi. Dehidrasi dapat terjadi ketika suhu udara terlalu panas dan Anda kurang minum. Bisa juga terjadi ketika Anda demam tinggi dan tubuh terus mengeluarkan keringat.

Tanpa cairan yang mencukupi, volume darah akan menurun. Akibatnya, darah yang mengalir ke otak akan berkurang dan menyebabkan kepala terasa melayang.

Untuk mengatasi kondisi ini, segelas air adalah solusi terbaik. Selain air, cairan tubuh juga bisa didapatkan dari makanan, seperti buah, sayur, dan sup. Jika kepala Anda masih kliyengan, mungkin Anda memerlukan infus sampai kondisi Anda kembali stabil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini