New Normal, Tempat Potong Rambut Harus Terapkan Registrasi Online

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 611 2230971 new-normal-tempat-potong-rambut-harus-terapkan-registrasi-online-y4H3g2LQ92.jpg Ilustrasi. (Freepik)

DIBUKANYA kembali mal di ibu kota sekarang ini seperti dua belah mata pisau. Disambut baik karena bisa jadi hiburan di tengah pandemi, tapi menyimpan risiko berbahaya penyebaran Covid-19 yang masif.

Menjalankan protokol kesehatan adalah kunci dari meminimalisir risiko buruk tersebut. Fasilitas di mal yang akan cukup banyak diincar masyarakat adalah salon dan spa.

Baca Juga: New Normal, Mal Bukan Lagi Tempat untuk Nongkrong Loh

salon

Layanan cukur rambut pun diprediksi bakal jadi yang paling banyak diburu. Mengingat saat masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan, masyarakat sulit keluar rumah, termasuk untuk potong rambut.

Nah, karena potong rambut masuk pada layanan bersifat per orang, risiko penyebaran Covid-19 sangat mungkin terjadi. Terlebih, layanan ini mengharuskan adanya kontak dengan tubuh orang secara langsung.

Karena itu Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman, menyarankan bagi pengelola tempat cukur untuk memberlakukan layanan registrasi online. Upaya ini dimaksudkan agar tidak ada penumpukan orang di dalam salon. Selain itu, kapasitas pengunjung pun bisa dikontrol dengan baik.

"Layanan yang bersifat per orang seperti cukur rambut, saya sarankan untuk pengelola dan pemerintah memberlakukan sistem registrasi online untuk meminimalisir antrean dan jumlah orang yang menumpuk di dalam salon," ungkap Dicky pada iNews Special Report, Senin 15 Juni 2020. 

Dengan memberlakukan registasi online, pihak salon memiliki data detail terkait setiap pengunjung yang datang, sehingga ketika ada kasus positif Covid-19, pelacakan pasien bisa dilakukan lebih mudah. "Contact Tracing pasien Covid-19 yang mungkin ada di salon bisa dilakukan lebih lanjut dan mudah karena data lengkap dimiliki pengelola salon," imbuhnya.

Sebagai tambahan, pengelola salon yang menyediakan potong rambut tentunya mesti membekali karyawan dengan aturan pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun, dan menggunakan sarung tangan agar tidak terjadi kontak langsung ke pengunjung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini