Seberapa Ampuh Benzoyl Peroxide untuk Obat Jerawat?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 612 2231152 seberapa-ampuh-benzoyl-peroxide-untuk-obat-jerawat-Xhrpgrsitb.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT memang menjadi salah satu masalah kulit wajah yang paing sering menyerang. Jerawat pun bisa ada baik ketika kita masih remaja maupun ketika kita sudah dewasa.

Ada beberapa sebab jerawat muncul, paling umum adalah karena kulit wajah yang tidak bersih. Tapi, ada juga hormon yang berpengaruh besar terhadap timbulnya jerawat di wajah.

Ada beberapa obat yang dianggap ampuh menyembuhkan jerawat, salah satunya adalah benzoyl peroxide. Tapi, masing-masing obat memiliki efek samping dan cara kerjanya tersendiri. Jadi sebaiknya ketahui dulu informasi dari benzoyl peroxide sebelum mengonsumsinya.

Memang, untuk kasus jerawat ringan hingga sedang, Anda bisa menggunakan obat bebas (tanpa resep) yang mengandung zat satu ini, atau mungkin dokter kulit Anda akan meresepkannya.

Jerawat di wajah

Zat ini menghilangkan jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah sel kulit mati untuk menyumbat pori-pori. Anda bisa menemukan zat ini dalam bentuk krim, lotion, sabun cuci muka, dan gel.

Meski begitu, zat ini tetap saja memiliki efek samping. Ya, penggunaan benzoyl peroxide dapat menyebabkan kulit kering dan garis putih ketika digaruk, jadi berhati-hatilah saat memakainya.

Bila Anda punya masalah dengan jerawat yang merah dan meradang, maka obat jenis ini bisa diandalkan, karena mampu membasmi bakteri penyebab peradangan.

Nah, biasanya jika Anda menggunakan obat jenis ini, maka akan memakan waktu paling cepat 4 minggu untuk bekerja optimal. Bahkan mungkin lebih dari waktu tersebut, supaya jerawat tak kambuh lagi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini