Mampir ke Warung Sayur Gratis di Temanggung, Ganjar Pranowo Terharu

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 298 2231410 ganjar-pranowo-mampir-ke-warung-sayur-gratis-di-temanggung-dua-jempol-NjPiR0uSpf.jpg Ilustrasi. (Freepik)

WARGA Dusun Jetis, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, punya cara unik dalam menanggapi pandemi virus corona atau Covid-19. Salah satunya dengan menyediakan warung sayur gratis.

Program warung sayur gratis ini merupakan program Jogo Tonggo yang telah digencarkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam memutus mata rantai penularan Covid-19.

Konsepnya terbilang menarik. Seluruh makanan atau bahan pangan yang disediakan merupakan hasil donasi oleh warga setempat, sesuai dengan konsep program Jogo Tonggo itu sendiri. Warga akan menggalang dana lalu disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

satur

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mampir ke warung gratis tersebut. Warga setempat, Eni (56) mengatakan bahwa dia sengaja menyumbang agar masyarakat adem ayem dan tak perlu risau terutama terkait makanan sehari-hari.

“Kersane masyarakat adem ayem Pak (biar masyarakat tenang pak)," kata Eni seperti dikutip dari laman jatengprov.go.id, Rabu (17/6/2020).

Jawaban itu langsung membuat Ganjar terharu. Dia pun mengacungkan dua jempolnya kepada perempuan separuh baya itu.

“Ini keren, Bu Eni mau membantu dengan ikhlas, meskipun dia hanya bekerja bantu-bantu. Ini nilai-nilai yang harus kita jaga dari masyarakat, nilai-nilai kemanusiaan yang menurut saya keren,” kata Ganjar.

Lantas, seperti apa tata cara bagi warga yang ingin mengambil bahan pangan di warung makan gratis ini?

Warga Dusun Jetis rupanya telah menyediakan sebuah warung khusus tanpa penjual. Di tempat inilah mereka menjajakan beragam bahan pangan seperti beras, cabai, kacang panjang, terong, ikan asin, tempe dan tahu.

"Kula mampune mbantu kacang panjang, tomat, kol lan tauge, tapi kula ikhlas (Meski hanya mampu membantu kacang panjang, tomat, kol dan tauge, tapi saya ikhlas)," tambah Eni.

 Meski kula mampune mbantu kacang panjang, tomat, kol lan tauge, tapi kula ikhlas (Meski hanya mampu membantu kacang panjang, tomat, kol dan tauge, tapi saya ikhlas),” Meski kula mampune mbantu kacang panjang, tomat, kol lan tauge, tapi kula ikhlas (Meski hanya mampu membantu kacang panjang, tomat, kol dan tauge, tapi saya ikhlas),” sambung Eni

Bahan pangan tersebut disediakan setiap hari dan semuanya gratis. Syaratnya, hanya dua jenis makanan yang boleh diambil setiap harinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini