Menjajal 4 Street Food di Osaka, Dapurnya Jepang

Dada Sathilla, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 298 2231892 menjajal-4-street-food-di-osaka-dapurnya-jepang-JFPp56OwVH.jpg Osaka. (Foto: Japan-Guide)

ADA alasan kuat kenapa Osaka dijuluki sebagai dapurnya Jepang. Masyarakat Osaka memang dikenal doyan makan makanya ada banyak restoran dan kedai street food bertebaran disini.

Makanan khas Osaka pun terkenal sangat lezat hingga sukses menjadi penarik utama para traveler untuk mengunjungi kota terbesar di wilayah Kansai.

Berkembangnya Osaka sebagai the food capital of Japan tak lepas dari posisinya sebagai pusat perdagangan Jepang. Sejak abad ke-3, Osaka berkembang menjadi pelabuhan besar yang menghubungkan kota-kota di Jepang bagian barat.

Pasca Restorasi Meiji, Osaka kemudian mengalami industrialisasi dan modernisasi besar-besaran hingga menjadi kota metropolitan kedua terbesar di Jepang setelah Tokyo. Selain menjadi pusat perdagangan dan finansial Jepang, food culture juga berkembang pesat.

Nah, Okezone pun mencoba beberapa streef food yang ada di sana. Tapi, ada 4 street food yang memang wajib kita coba ketika mengunjungi Osaka, apa saja?

Makanan osaka

Takoyaki

Salah satu makanan Osaka yang paling terkenal. Takoyaki adalah snack yang berbentuk bulat yang terbuat dari tepung terigu yang digoreng dengan sedikit daging gurita di dalamnya.

Kedai Takoyaki gampang banget ditemukan di Osaka, terutama di sekitar Namba dan Dontonburi, pusat hiburan paling terkenal di Osaka. Seporsi takoyaki disini isinya 5 buah dengan harga 500 yen atau skira Rp65.500.

Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah snack yang bisa ditemukan baik di restoran maupun kedai pinggir jalan. Snack ini terbuat dari tepung terigu yang dilarutkan dalam air, lalu ditambahkan ubi jalar dan kubis, lalu dipanggang membentuk bulatan dengan tambahan potongan daging.

Anda bisa juga mencoba memanggang okonomiyaki sendiri di restoran di Osaka. Salah satunya di kawasan Shinsekai.

Kushikatsu

Gorengan khas Osaka yang sangat terkenal. Kushikatsu adalah gorengan yang disajikan dengan tusuk sate, terbuat dari potongan daging dan sayuran yang digoreng bersama serpihan roti lalu disajikan dengan saus khusus. Kushikatsu identik dengan kawasan Shinsekai. Makanya jangan lewatkan mencicipi kushikatsu di Shinsekai.

makanan jepang

Taiyaki

Snack khas Osaka yang berbentuk ikan. Taiyaki biasanya berisi kacang merah atau ketela, tapi taiyaki versi moderen ada juga yang berisi custard, cokelat, keju, dan bacon. Seporsi taiyaki harganya 500 yen atau Rp65.500, Anda bisa menemukannya di banyak tempat di Osaka, salah satunya di Dotonburi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini