Sarapan Hanya Minum Jus Buah, Sehat Tidak?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 481 2231307 sarapan-hanya-minum-jus-buah-sehat-tidak-P7khzHdNRf.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Tak sedikit orang mengabaikan sarapan berat dengan nasi dan menggantinya dengan hanya makan roti atau minum jus buah. Kebiasaan ini dianggap sehat dan lebih baik, khususnya untuk mereka yang mau menurunkan berat badan.

Tapi, apakah tindakan itu baik bagi kesehatan tubuh? Atau malah sebaiknya, Anda bisa mendapat efek buruk dari kebiasaan sarapan minum jus?

Dijelaskan, Moch. Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC, Nutrition & Wellness Consultant Nutrifood, sarapan hanya dengan jus buah kurang baik. Ia lebih menyarankan agar Anda mengonsumsi gizi seimbang sesuai dengan 'isi piringku' yang digaungkan Kementerian Kesehatan.

Jus Buah

"Saya lebih merekomendasikan untuk menerapkan pola makan sesuai isi piringku. Sebab, perlu diwaspadai terkait keseimbangan nutrisi per harinya," kata Aldis saat Webinar, Selasa (16/6/2020).

Baca Juga : Intip Maternity Shoot Romantis Chelsea Olivia

Kalau pun sudah terbiasa mengonsumsi jus buah sebagai sarapan, Aldis menyarankan agar menambahkan sumber nutrisi lain, seperti misalnya protein bar.

Di sisi lain, jika Anda memang mengaku sudah terbiasa minum jus buah setiap pagi, ada baiknya mengonsumsi buah utuh saja. Sebab, sumber makanan sehat tersebut nutrisinya benar-benar Anda dapatkan tanpa rusak karena proses pengolahan.

"Saya saranin jangan terus-terusan jus, tapi selingi dengan buah utuh. Sebab, kalau jus buah yang Anda bikin ditambahkan dengan gula, ini malah akan membuat berat badan Anda naik," tuturnya.

"Kalau akhirnya mengganti dengan buah utuh, jangan lupa juga untuk tambahkan bahan makanan lain sebagai penyempurna utuh, misalnya telur rebus," tambah Aldis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini