3 Jenis Rempah Berfungsi sebagai Antibiotik Alami

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 481 2231342 3-jenis-rempah-berfungsi-sebagai-antibiotik-alami-gub0XguS2I.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ADA banyak jenis rempah yang bersifat sebagai antibiotik. Pastinya Anda butuh memakainya dalam kehidupan sehari-hari.

Dari mulai jahe hingga cengkeh yang punya fungsi masing-masing untuk melawan bakteri. Maka itu, baik untuk Anda yang mencegah penyakit karena mengonsumsi obat antibiotik sendiri sebenarnya tidak diperbolehkan.

Dilansir Okezone dari Boldsky, berikut adalah tiga rempah alami yang fungsinya sebagai antibiotik. Yuk simak deh!

Jahe

Jahe

Sebuah studi menunjukkan bahwa gingerols, sebuah senyawa fitokimia fenol dalam jahe segar, memiliki potensi antibakteri terhadap semua jenis bakteri oral. Seperti porphyromonas gingivalis (penyebab gingivitis), porphyromonas endodontalis (menyebabkan penyakit gusi) dan prevotella Intermedia (penyebab periodontitis).

Cengkeh

Cengkeh banyak digunakan dalam banyak masakan bumbu. Cengkeh efektif melawan bakteri buruk, karena mengandung eugenol, lipid dan asam oleat. Cengkeh pada dasarnya digunakan untuk minyak atsiri.

Cinnamon

Kayu

Cinnamon secara luas digunakan dalam penyusunan cokelat, sup, minuman keras, minuman dan acar. Setiap bagian dari tanaman digunakan untuk mempersiapkan minyak esensial yang berguna dalam mengobati beberapa penyakit.

Senyawa aktif seperti cinnamaldehida dan eugenol dalam kayu manis, memiliki sifat antimikroba terhadap bakteri yang menyebabkan pneumonia, infeksi saluran kemih, demam dan infeksi kulit. Namun sebelum menggunakannya, coba konsultasi dengan dokter ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini