Bobot Naik 100 Kilogram, Pria Ini Tak Bisa Tidur

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 481 2231561 bobot-naik-100-kilogram-pria-ini-tak-bisa-tidur-ZV7elYPCTr.jpg Bobot Zhou naik terus (Foto: Weibo)

Seorang pria di Wuhan, China, bernama Zhou tubuhnya membengkak terus. Bahkan bobotnya naik lebih dari 100 kilogram sejak lockdown di kota tersebut.

Seperti dilansir dari Oddity Central, Rabu (17/6/2020), karena tidak dapat membakar kalori, berat badan Zhou membengkak menjadi 280 kilogram lebih. Dengan berat badannya yang naik drastis, membuat Zhou susah tidur.

“Dokter, saya belum menutup mata selama 48 jam. Sangat tidak nyaman. Bisakah kamu membantuku?" Ucap Zhou kepada Wakil Direktur Pusat Bedah Obesitas dan Metabolik di Rumah Sakit Pusat Selatan di Universitas Wuhan, dr. Li Zhen.

 berat badan harus diturunkan

Akhirnya Zhou dirawat di ICU. Tes awal mengungkapkan berbagai gejala yang dialami oleh Zhou, seperti gagal jantung dan disfungsi pernapasan.

Sayangnya, ukuran tubuh Zhou menyulitkan dokter untuk melakukan tes lain yang diperlukan, seperti tekanan darah dan EEG.

Selama 10 hari, dokter mencoba menstabilkannya, dan pada 11 Juni Zhou dinyatakan stabil dan berhasil keluar dari bahaya.

Dokter Li Zhen mengatakan, obesitas yang dialami Zhou disebabkan oleh faktor genetik dan kelainan endokrin. Hal ini diperburuk oleh ketidakaktifannya dan peningkatan asupan kalori selama lima bulan lockdown.

Ia berharap bahwa Zhou akan mampu menurunkan setidaknya 25 kilogram sehingga dapat dengan aman menjalani operasi bypass lambung atau perut untuk membantunya menurunkan sebagian besar kelebihan berat badan.

Baca juga: Cantiknya 4 Pesona Margin Wieheerm, Pacar Ali Syakieb Keturunan Timur Tengah

"Saya hanya berharap bahwa dengan menyesuaikan pola makan dan istirahat dan metode lain, berat badan dapat dikurangi lebih dari 25 kilogram dalam tiga bulan sehingga risiko operasi akan sangat berkurang," ujar dr. Li Zhen.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini