4 Bahan Alami Solusi Masalah Rambut Rontok

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 22:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 611 2231922 4-bahan-alami-solusi-masalah-rambut-rontok-M8KbFVhgbh.jpg Ilustrasi (Foto : Sheknows)

Masalah rambut rontok memang menjadi momok menakutkan bagi perempuan. Melihat beberapa helai rambut pada bantal di pagi hari, atau helaian rambut yang rontok saat disisir tentunya menjengkelkan.

Namun, di tengah pandemi ini, Anda tak perlu menunggu jadwal salon buka lagi, cukup atasi dengan bahan-bahan alami ini untuk sementara waktu sampai keadaan normal kembali.

Mengutip Boldsky, Rabu (17/6/2020), berikut bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Putih telur

Putih Telur

Telur kaya akan protein dan belerang yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan melawan kerontokan. Anda bisa menyiapkan 1 buah putih telur, 1 sdt minyak zaitun, 1 sdt madu.

Cara menggunakannya yakni pisahkan putih telur, tambahkan minyak zaitun dan madu, aduk rata. Oleskan campuran tersebut di kulit kepala dan rambut. Tunggu hingga 20 menit, kemudian bilas rambut Anda menggunakan mild shampoo.

Baca Juga : Catat, Ini Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Online yang Wajib Orangtua Tahu

Jus bawang

Jus bawang adalah salah satu solusi paling efektif untuk rambut rontok. Bawang mengandung vitamin C, B dan E, serta belerang. Jus bawang akan membuat rambut Anda lembut dan bersinar.

Siapkan bawang merah, kemudian blender. Gunakan cotton pad untuk mengoleskan jus bawang ke akar rambut Anda. Pijat kepala dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Tunggu sekitar 10-15 menit. Bilas dengan shampoo.

Teh hijauĀ 

Teh hijau terkenal dengan kandungan antioksidan yang memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas. Ini membuat green tea menjadi solusi ampuh untuk permasalahan rambut rontok Anda.

Hal ini juga membantu dalam mengurangi DTH (dihidrotestosteron)-salah satu alasan di balik rambut rontok. Selain itu, green tea memperkuat akar rambut Anda serta mengurangi ketombe.

Siapkan 2-3 kantong teh hijau, seduh dengan 1-2 cangkir air panas (sesuaikan dengan panjang rambut). Biarkan dingin hingga mencapai suhu kamar. Bilas kulit kepala dan rambut dengan teh hijau dan lembut pijat kulit kepala Anda. Biarkan selama 20 menit lagi sebelum membilas rambut Anda secara menyeluruh.

Teh Hijau

Alpukat

Vitamin E yang terkandung dalam alpukat merangsang pertumbuhan kembali rambut dan membuatnya lembap serta bersinar. Buah ini juga penuh dengan biotin-vitamin yang meningkatkan pertumbuhan rambut tidak seperti yang lain.

Siapkan 1 buah alpukat matang, 1 sdm minyak zaitun, 1 buah lemon. Scoop alpukat ke dalam mangkuk hingga menjadi pasta halus, tambahkan minyak zaitun, peras lemon ke dalam campuran, aduk rata. Oleskan campuran pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas menggunakan shampoo ringan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini