Mengenal Black Rain Frog, Katak Hutan yang Selalu Cemberut

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 612 2231850 mengenal-black-rain-frog-katak-hutan-yang-selalu-cemberut-wbVAKAFamj.jpg Katak dengan wajah seperti orang cemberut (Foto : Boredpanda)

Bagi sebagian orang, katak adalah hewan yang menjijikkan. Tapi terdapat satu jenis katak yang memiliki wajah lucu menyerupai orang yang sedang cemberut. Hewan ini disebut dengan katak cemberut atau lebih dikenal dengan Black Rain Frog.

Sekadar informasi, spesies katak ini hanya ditemukan di lereng selatan Cape Fold Belt di Afrika Selatan. Katak ini hidup pada ketinggian lebih dari 3.300 kaki atau sekira 1.000 meter di atas permukaan laut.

Katak cemberut ini adalah spesies amfibi yang bersarang serta berhabitat di fynbos dan hutan. Selain wajahnya yang selalu cemberut, selintas katak ini juga memiliki tubuh seperti buah alpukat.

Katak

Baca Juga : Bernuansa Pink, Intip Maternity Shoot Asmirandah Ditemani Jonas Rivanno

Sebagaimana dilansir VT, Rabu (17/6/2020), spesies katak cemberut ini berhasil menjadi viral dan menyita banyak perhatian netizen. Beberapa netizen pun memberikan penjelasan tentang katak tersebut. Salah satunya adalah akun Instagram @csirogram

"Katak ini ‘benar-benar patah hati’. Black Rain Frog (Breviceps fuscus) tidak benar-benar sedih. Tetapi hanya memiliki sedikit wajah sedih. Mereka dikenal lebih dari penampilannya. Ketika ketakutan katak dapat menghembuskan diri dengan udara untuk membuat tubuhnya lebih bulat seperti ikan buntal,” tulisnya.

Mereka memiliki masalah musim kawin. Selama periode ini, katak betina akan mengeluarkan zat lengket di punggungnya untuk mencegah sang jantan terjatuh. Kondisi ini dikenal sebagai perekat amplexus.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini