5 Kebiasaan Salah yang Biasa Kita Terapkan, Anda Paling Sering yang Mana?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 612 2231857 5-kebiasaan-salah-yang-biasa-kita-terapkan-anda-paling-sering-yang-mana-rdtMNY38M7.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang memiliki kebiasaan untuk mengatasi penyakit atau masalah yang ada. Memang, terkadang kita tidak mengerti cara kerjanya, lantaran kebiasaan itu sudah diturunkan dari generasi ke generasi.

Namun, tidak semua tradisi yang biasa kita lakukan selama ini merupakan cara yang tepat. Ada beberapa kebiasaan yang ternyata justru berbahaya jika dilihat dari kacamata medis.

Melansir Bright Side, berikut 5 kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat yang ternyata memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan.

Mengompres memar dengan es

Kulit manusia sangat sensitif. Jika kita mengompres memar dengan es, itu sama saja dengan mengurangi aliran darah dan memperlambat penyembuhan. Parahnya lagi, bisa menyebabkan radang dingin.

Sebaiknya dilakukan adalah membungkus es dengan handuk atau kain terlebih dahulu. Kompres es pada area yang memar setelah trauma. Namun, sebaiknya tidak mengompres lebih dari 10 menit.

kebiasaan yang salah

Menyikat gigi setelah makan

Jika selama ini kamu menyikat gigi setelah makan, maka kamu harus menghentikan kebiasaan ini. Kebiasaan ini dapat merusak enamel atau lapisan pelindung gigi. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah di pagi hari sebelum sarapan.

Jika kamu ingin menghilangkan aroma tak sedap setelah makan, sebaiknya kumur-kumur terlebih dahulu sebelum menyikat gigi. Tunggu sekitar 40 menit, setelah itu sikatlah gigimu.

Meniup makanan yang panas

Meniup makanan yang panas dengan mulut bisa menularkan bakteri. Bakteri tersebut bisa menyebabkan gigi berlubang atau menyerang daya tahan tubuh seseorang, terlebih pada balita.

Sebaiknya jangan memberikan makanan atau minuman dalam keadaan panas pada anak. Lebih baik menunggu sebentar dan membiarkannya dingin.

Mengisi ulang botol plastik

Ada bahan kimia berbahaya dalam plastik yang disebut BPA. Zat ini bisa larut ke dalam air da menumbuhkan bakteri di celah-celah botol.

Bakteri ini dapat mempengaruhi kesuburan dan memicu kanker. Sebaiknya, daur ulang botol plastik setelah isinya habis. Jangan gunakan botol untuk mengisi ulang air minum lainnya.

Menepuk punggung saat tersedak

Apa yang akan kamu lakukan ketika melihat temanmu tersedak? Sebagian besar orang akan menepuk-nepuk punggung temannya untuk meringankannya. Sayangnya cara itu tidak tepat.

Kalau kamu menepuk-nepuk punggung orang yang tersedak, justru akan membuat benda yang menyangkut bisa tergelincir ke bawah. Sebaiknya, condongkan tubuh temanmu ke depan hingga mereka batuk.

Jika tidak berhasil juga, berikan pukulan ringan di antara tulang belikat. Namun, sebelumnya pastikan dulu orang tersebut sudah mencondongkan tubuhnya ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini