Tips Aman Makan Siang di Kantor, Cek Nutrisi Bekal Anda

Sindonews, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 481 2232213 tips-aman-makan-siang-di-kantor-cek-nutrisi-bekal-anda-HewmopaNzZ.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Beberapa tempat umum di Jakarta telah dibuka kembali memasuki transisi PSBB. Namun, tentu dengan protokol kesehatan dan peraturan ketat, misalnya sanksi tidak memakai masker saat keluar rumah dan pembatasan jumlah orang di satu area.

Peraturan tersebut juga mencakup lokasi di perkantoran. Hal tersebut memang akan menimbulkan kekhawatiran bagi pekerja kantoran.

Namun, Anda masih bisa melindungi diri dengan menjaga imunitas selama masa New Normal ini.

“Hal sederhana tapi penting untuk diperhatikan oleh para pekerja kantoran sebenarnya adalah sarapan dan makan siang. Selain kita membutuhkan gizi yang diperlukan tubuh, aspek higienitas dan kebersihan sebaiknya juga tidak disepelekan,” kata Rachel Olsen, Nutrition Expert YOUVIT Gummy Multivitamin yang dikutip dari Sindonews.com

Berkaitan dengan pentingnya nutrisi, Rachel membagikan beberapa hal mudah yang bisa diaplikasikan selama bekerja di kantor. Pertama, siapkan makan siang sendiri dari rumah.

"Dengan menyiapkan makanan dari rumah, standar kebersihan makanan yang kita konsumsi bisa dijaga dan dikontrol. Selain itu, kita bisa lebih leluasa membuat bekal dengan gizi yang tinggi," katanya.

Makan Siang di Kantor

Baca Juga : Jangan Latah Beli Dexamethasone, Dokter: Bukan Obat Cegah Covid-19

Rachel menyarankan bekal ini mengikuti konsep isi piringku. Jadi 35% karbohidrat berserat tinggi (kentang, nasi merah, ubi, dan lain-lain), 35% sayuran hijau, 15% lauk berprotein tinggi (ikan, tahu, tempe, ayam dada), dan 15% buah-buahan. Perlu diingat juga untuk membawa peralatan makan dan minum sendiri dari rumah.

Jikapun ingin membeli makanan di luar, perlu ekstra hati-hati. Cek lebih dulu apakah yang menjual makanan memakai masker dan tidak menyentuh langsung makanan. Serta, cari tempat makan yang tidak ramai untuk mengurangi interaksi langsung dengan orang banyak.

Selain itu, penting untuk menerapkan 3J (jumlah, jenis, dan jadwal makan yang benar). Porsi serta jenis makanan sebaiknya mengikuti anjuran isi piringku. Sedangkan jadwal makan disarankan juga konsisten pada pagi (pukul 6-7), siang (12-13), dan malam (18-19).

Makan Siang di Kantor

"Tiga aspek ini dapat memaksimalkan kerja sistem pencernaan dan metabolisme tubuh yang berdampak pada kekebalan tubuh," kata Rachel.

Sebelum berangkat ke kantor, Rachel menyarankan untuk sarapan yang tinggi vitamin dan mineral supaya imunitas tubuh terjaga saat memulai hari. Contohnya dengan makan buah-buahan seperti pisang, pepaya, alpukat, jambu, edamame, dan masih banyak lagi. Bisa juga mengonsumsi YOUVIT gummy multivitamin. Hal ini penting agar kita dapat lebih maksimal memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk menjaga daya tahan. Kandungannya juga seimbang dan lengkap dengan 10 vitamin dan 2 mineral.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini