Alasan Dexamethasone Bisa Ampuh Sembuhkan Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 481 2232234 alasan-dexamethasone-bisa-ampuh-sembuhkan-covid-19-TzwW1IUCgr.jpg Ilustrasi (Foto : Medicalnewstoday)

Obat Dexamethasone terbukti turunkan risiko kematian pasien Covid-19 kondisi parah. Hal ini yang langsung membuat publik ramai membahasnya.

Obat yang bisa Anda dapat di Puskesmas ini diuji langsung efektivitasnya untuk infeksi Covid-19 oleh tim peneliti Oxford University. Hasilnya terbukti menurunkan sepertiga risiko kematian pada pasien Covid-19 dengan ventilator dan seperlima pada pasien dengan oksigen.

Khasiat obat Dexamethasone pun ternyata sudah bukan rahasia umum lagi di dunia medis. Menurut penjelasan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, Dexamethasone bahkan dianggap seperti obat dewa. Sebab, pada beberapa kondisi medis obat ini terbilang sangat ampuh.

Misalnya ketika seseorang sedang gatal karena alergi baik merah atau bentol di kulit dan gatal akan hilang dengan cepat setelah Anda mengonsumsi Dexamethasone. Dokter Ari menambahkan, Dexamethasone digunakan juga sebagai obat radang, antara lain untuk pasien-pasien radang sendi dan berbagai masalah bengkak karena peradangan lainnya.

Dexa

"Kerja cepat dari obat ini dan dapat diindikasi pada berbagai pernyakit yang membuat orang-orang sering menyebutnya sebagai obat dewa," katanya pada Okezone melalui pesan singkat, Kamis (18/6/2020).

Baca Juga : Jangan Latah Beli Dexamethasone, Dokter: Bukan Obat Cegah Covid-19

Bahkan untuk beberapa kasus kanker, kelompok steroid ini juga digunakan untuk kombinasi obat anti kanker sebagai kemoterapi. "Obat golongan steroid ini juga digunakan untuk beberapa kelainan darah, asma, alergi pada mata dan THT, penyakit autoimun, karena memang steroid bisa menekan sistim imunitas tubuh kita," sambung dr Ari.

Karena begitu banyak manfaat yang dimiliki Dexamethasone, salah satunya khasiat antiinflamasi, ini yang bagi dr Ari dimanfaatkan dari obat dexamethasone untuk pasien dengan infeksi Covid-19 berat yang memang terjadi peningkatan reaksi inflamasi.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini