Waspada, Obat Dexamethasone Bisa Bikin Wajah Jerawatan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 481 2232247 waspada-obat-dexamethasone-bisa-bikin-wajah-jerawatan-JJPpuyudok.jpg Dexamethasone (Foto : Medicalnewstoday)

Dexamethasone dianggap beberapa orang sebagai obat dewa karena khasiatnya yang begitu banyak. Antiinflamasi yang terkandung di dalam obat ini dikatakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam sebagai alasan kenapa Dexamethasone ampuh sembuhkan pasien Covid-19 kondisi parah.

Namun, sekalipun dianggap sebagai obat dewa, Dexamethasone tetap saja menyimpan efek samping yang buruk ketika Anda mengonsumsinya tidak sesuai anjuran dokter. Efek buruk ini pun mesti jadi perhatian dokter yang meresepkan Dexamethasone.

"Pada penggunaan jangka pendek pasien bisa merasakan sakit pada lambung, sampai mual dan muntah, sakit kepala, nafsu makan meningkat, sulit tidur dan gelisah. Bahkan, pada beberapa kasus mempermudah timbulnya jerawat pada kulit," terang dr Ari pada Okezone melalui pesan singkat, Kamis (18/6/2020).

Obat

Lebih lanjut, pasien yang menggunakan Dexamethasone jangka panjang akan mengalami moon face (wajahnya bengkak seperti bulan), terjadi peningkatan kadar gula darah, tekanan darah meningkat, tulang keropos (osteoporosis), daya tahan tubuh menjadi turun sehingga rentan terhadap infeksi.

"Interaksi obat juga bisa terjadi yang bisa meningkatkan efek samping pada pasien-pasien yang sudah mempunyai riwayat sakit maag sebelumnya," tegasnya.

Baca Juga : Alasan Dexamethasone Bisa Ampuh Sembuhkan Covid-19

Kemudian, kombinasi steroid dengan obat anti radang non steroid missal fenilbutazone, asam mefenamat, natrium diklofenak termasuk dengan golongan coxib yang biasa digunakan untuk radang sendi dapat menyebabkan komplikasi lambung yang serius seperti pendarahan lambung sampai bisa menyebabkan kebocoran lambung dan usus dua belas jari yang bisa fatal buat pasiennya.

"Masyarakat harus bijak dalam mendengar dan membaca informasi seputar hasil penelitian seputar obat dexamethasone ini. Ingat, obat ini terbukti efektif untuk mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19, tetapi obat ini mempunyai catatan efek samping yang panjang sehingga harus digunakan sesuai petunjuk dokter," pungkas dr Ari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini