Share

Ternyata Virus Corona di Indonesia Miliki Perbedaan dengan yang di Wuhan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 481 2232248 ternyata-virus-corona-di-indonesia-miliki-perbedaan-dengan-yang-di-wuhan-VvWaKi0VtR.jpg Virus corona (Foto: The Scientist)

Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Para ilmuwan dan peneliti berlomba menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini.

Namun dapatkah Covid-19 bermutasi menjadi lebih ganas?

ย mencari Vaksin Covid-19

Ahli Virologi Universitas Udayana, Prof I Gusti Ngurah Kade Mahardika mengatakan, faktor protein yang ada dalam virus sangat memengaruhi dalam patogenesis yang menjadikan penyakit ini semakin ganas atau tidak.

โ€œKita masih belum tahu tentang SARS-CoV-2 ini tapi pelajaran dari SARS dan MERS pada 2003 bahwa untuk menjadi ganas ditentukan dari protein struktural seperti matrix, tapi protein non struktural seperti papain like protease (PLP),โ€ terang Prof Mahardika, dalam siaran langsung BNPB, Kamis (18/6/2020).

Lebih lanjut, Prof Mahardika mengatakan, virus corona penyebab Covid-19 di Indonesia memiliki perbedaan dengan yang ada di Wuhan, China. Perbedaan yang terlihat ada pada binding site virus corona.

Baca juga: Transformasi Tampilan Aurel, dari Pakai Kawat Gigi hingga Jadi Princess

โ€œJadi kalau berubah pada binding site, mungkin virus tersebut bisa lebih ganas kemudian antibodi menjadi tidak berperan, vaksin mungkin kehilangan khasiatnya kalau di pakai di Indonesia,โ€ ujarnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini