Bukan Cuma Bayi, Lansia Juga Butuh Vaksin influenza

Sindonews, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 481 2232494 bukan-cuma-bayi-lansia-juga-butuh-vaksin-influenza-tLDBzh6810.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEMAKIN bertambahnya usia kita, maka berbanding terbalik dengan imunitas tubuh kita. Akibatnya, ketika usia kita bertambah maka semakin banyak penyakit yang mengintai.

Salah satu penyakit yang mudah menyerang orang yang telah lanjut usia adalah influenza. Memang tidak terlalu berbahaya, tapi jika dia memiliki penyakit penyerta maka bisa saja memicu penyakit lainnya, lantaran imunitas tubuh yang menurun.

Orang berumur di atas 85 tahun berisiko 32 kali lebih besar meninggal akibat pneumonia yang berkaitan dengan influenza dibandingkan mereka yang berumur 65-69 tahun (lansia).

Baca Juga: Vaksin Influenza pada Lansia Dapat Kurangi Risiko Angka Sakit

Mengutip SINDOnews, informasi yang disampaikan Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) cabang Bali belum lama ini, epidemi influenza berkaitan dengan peningkatan angka perawatan serta mortalitas akibat berbagai diagnosis, pneumonia, dan superinfeksi bakteri.

Vaksin influenza pada usia lanjut telah terbukti dapat mengurangi risiko angka sakit dan kematian, terutama pada mereka yang memiliki penyakit lain seperti kencing manis, darah tinggi, dan jantung.

Sebuah penelitian di Kanada menunjukkan bahwa pemberian vaksin influenza pada usia lanjut juga mengurangi angka kesakitan yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Berdasarkan hal tersebut, manfaat vaksinasi menjadi penting dan jangan sampai dianggap ringan. Selain melindungi tubuh dan keluarga, vaksin juga mampu mencegah penularan penyakit kepada masyarakat sekitar.

Dengan tidak adanya penularan penyakit, maka kualitas kesehatan masyarakat akan jadi lebih baik, sehingga kualitas hidup pun menjadi baik. Dalam upaya meningkatkan cakupan vaksinasi influenza pada lansia, dibutuhkan dukungan dari segala pihak, termasuk pemerintah sebagai pembuat kebijakan dan peningkatan pengembangan vaksin tersebut.

Vaksinasi pada lansia belum ditanggung oleh pemerintah, namun tetap dapat dijangkau di berbagai fasilitas kesehatan. Di negara-negara maju, vaksin influenza sudah ditanggung oleh pemerintah karena tak hanya bermanfaat untuk menghindari penyakit influenza, tapi juga mencegah memburuknya penyakit degeneratif terutama pada para lansia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini