Sudah Terasa Kontraksi, Kapan Sebaiknya Ibu Hamil ke Rumah Sakit?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 04:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 481 2232548 sudah-terasa-kontraksi-kapan-sebaiknya-ibu-hamil-ke-rumah-sakit-KD9CPU9bBU.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu tanda-tanda melahirkan adalah munculnya kontraksi hebat. Kontraksi ini biasanya akan terasa beberapa kali lebih berat daripada kram perut, pada saat menstruasi.

Rasa kontraksi juga mirip seperti perut kembung atau begah. Hal ini tentu membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Bahkan bisa juga timbul cemas karena khawatir bayinya akan segera keluar.

Menanggapi hal tersebut, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eric Kasmara SpOG menjelaskan, ada kontraksi yang datang hanya karena ibu hamil terlalu cemas. Ada juga yang memang menjadi tanda-tanda bayi akan segera lahir.

Eric mengatakan, untuk persalinan normal, terdapat metode yang disebut 5.1.1. Jika Anda mengalami gejala yang mirip dengan metode tersebut, dianjurkan untuk segera pergi ke rumah sakit.

"Yang pertama itu adalah 5 yakni ketika kontraksi yang Anda rasakan berjarak 5 menit. Atau setiap 5 menit sekali ibu hamil mengalami kontraksi," jelas Eric melalui telekonferensi pada Kamis 18 Juni 2020.

(dwk)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini