Waspada, Toilet Bisa Jadi Tempat Penyebaran Virus di Rumah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 481 2232550 waspada-toilet-bisa-jadi-tempat-penyebaran-virus-di-rumah-cESH5FmmAS.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Infeksi virus corona Covid-19 menjadi hal yang paling ditakuti masyarakat saat ini. Namun perlu diketahui, infeksi virus tidak hanya bisa terjadi di luar rumah. Aktivitas yang dilakukan di toilet juga bisa menjadi sarana penyebaran virus di rumah.

Penelitian yang baru saja dirilis dari jurnal Physics of Fluids oleh American Institute of Physics (AIP Publishing), menunjukkan bahwa pembilasan toilet setelah buang air besar oleh orang yang terinfeksi menciptakan percikan yang sarat akan virus.

“Ketika air mengalir ke dinding toilet dari satu sisi, kondisi ini menyerang sisi yang berlawanan dan menciptakan vortisitas. Vortisitas ini terus naik ke atas di atas dinding toilet dan membawa percikan hingga ketinggian hampir tiga kaki,” tulis penelitian tersebut seperti dilansir Forbes, Kamis (18/6/2020).

Percikan tersebut mungkin terhirup atau mengendap di permukaan. Percikan ini sangat kecil sehingga mengapung di udara selama lebih dari satu menit. Simulasi komputer yang digunakan untuk penelitian menunjukkan bahwa tetesan aerosol ini cukup lama untuk dihirup oleh pengguna berikutnya

Toilet

"Seseorang dapat memperkirakan bahwa kecepatannya akan lebih tinggi ketika toilet sering digunakan. Seperti dalam kasus toilet keluarga selama waktu sibuk atau toilet umum yang melayani daerah padat penduduk," kata salah satu penulis Ji-Xiang Wang , dari Universitas Yangzhou.

Baca Juga : Raline Shah Bicara Blak-blakan Soal Rutinitas Meditasi

Produsen perlengkapan global yang mengetahui studi langsung mencari cara untuk mengatasi kondisi ini. Mereka membuat tim yang bekerja untuk meningkatkan keandalan dengan teknologi otomatis.

Mereka menargetkan kursi toilet yang bisa terbuka atau tertutup otomatis, teknologi siram otomatis untuk toilet dan urinal, dan keran cuci tangan otomatis. Mereka membuat toilet yang dapat dibilas dengan menggunakan aplikasi pada ponsel cerdas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini