6 Cara Cegah Toilet di Rumah Jadi Sarang Virus dan Bakteri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 481 2232566 6-cara-cegah-toilet-di-rumah-jadi-sarang-virus-dan-bakteri-n5R7Tbs6PJ.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Toilet adalah salah satu tempat yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Namun aktivitas yang dilakukan di toilet ternyata berpotensi menyebarkan virus penyebab penyakit. Tanpa disadari seseorang berpotensi terinfeksi virus setelah menggunakan toilet.

Penelitian yang baru saja dirilis dari jurnal Physics of Fluids oleh American Institute of Physics (AIP Publishing), menunjukkan bahwa pembilasan toilet setelah buang air besar oleh orang yang terinfeksi menciptakan percikan yang sarat akan virus.

Percikan air yang berubah menjadi aerosol akan berterbangan di udara dan memiliki potensi terhirup atau mengotori permukaan benda maupun tubuh Anda.

Bersihkan Toilet

Baca Juga : Tips Aman Makan Siang di Kantor, Cek Nutrisi Bekal Anda

Sebagaimana dilansir Forbes, Kamis (18/6/2020), meski demikian risiko penularan virus melalui proses pembilasan ini bisa diantisipasi dengan melakukan enam cara aman. Berikut ulasannya.

1. Mintalah setiap orang menutup tutup toilet sebelum menyiram agar tetesan tidak naik dari toilet. Ini dapat dilakukan oleh penyewa, pemilik rumah dan tamu yang menggunakan toilet.

2. Mintalah setiap pengguna membersihkan dudukan toilet sebelum menggunakannya. Penulis penelitian menyarankan hal ini karena partikel virus yang mengambang bisa saja menempel di permukaannya, dan cuci tangan dengan hati-hati setelah pembilasan. Tujuannya untuk mengurangi penyebaran dari tombol flush atau pegangan pintu kamar mandi.

3. Jika ada orang yang diketahui terinfeksi, berikan orang itu kamar mandi sendiri untuk digunakan. Setidaknya untuk sementara waktu selama orang tersebut terinfeksi.

4. Gunakan toilet atau dudukan toilet yang secara otomatis menurunkan tutupnya. Siram sesudahnya.

5. Jika Anda berencana untuk merombak atau membuat tambahan bak mandi utama di rumah Anda, pertimbangkan untuk memiliki kloset terpisah untuk setiap pengguna.

6. Jika Anda membeli rumah baru untuk Anda dan keluarga Anda, pertimbangkan konfigurasi untuk kamar mandi anak-anak. Sehingga setiap anak memiliki toilet terpisah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini