Share

Mau Mulai Sepedaan? Pahami Dulu Jenis Sepeda yang Pas buat Anda

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 612 2232245 mau-mulai-sepedaan-pahami-dulu-jenis-sepeda-yang-pas-buat-anda-5IBT3Lwm21.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APAKAH Anda berminat untuk memulai olahraga sepeda? Atau mungkin Anda tengah mempertimbangkan untuk membawa sepeda saat ke kantor.

Lantas, apakah Anda bingung untuk memilih sepeda apa yang cocok untuk pemula? Memang, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam pembelian sepeda Anda, jadi tidak melakukan pembelian impulsif semata.

Per Dave Weiner, pendiri Priority Bicycles yang berbasis di NYC, memberikan tips memilih sepeda bagi para pemula. Menurut dia, memang ada peningkatan permintaan sepeda selama pandemi Covid-19.

"Tetapi kami juga melihat banyak orang hanya mencari saja. Orang-orang hanya mencari sepeda, ternyata bukan sepeda yang tepat. Orang-orang hanya membeli apapun yang ada di sana," kata Weiner seperti dilansir dari Vogue.

"Padahal, beberapa orang dapat mengorbankan warna, tapi untuk kecocokan sepeda dan gaya bersepeda, tidak bisa dikorbankan," tambahnya.

sepeda pemula

Weiner pun mengidentifikasi tiga kategori utama dalam pemilihan sepeda untuk dipertimbangkan. Pertama adalah beach cruisers, sepeda yang tidak memiliki banyak gigi, hanya untuk boardwalk, dan mungkin untuk pamer di Instagram.

Kedua adalah sepeda komuter, yang ringan dan gesit dengan aerodinamis untuk kecepatan, dan memiliki beberapa gigi yang dapat disesuaikan.

sepeda pemula

Dan yang ketiga adalah sepeda gunung, yang merupakan sepeda untuk medan berat, dimaksudkan untuk medan yang lebih kasar, dan dilengkapi dengan beberapa gigi lebih banyak.

sepeda pemula

Setelah memilih gaya, pembeli harus mempertimbangkan ukuran sepeda. Bukan tinggi badan Anda yang menunjukkan ukuran sepeda Anda yang tepat, tetapi pengukuran inseam atau ukuran kaki Anda. "Wanita misalnya cenderung memiliki kaki yang lebih panjang dan torsi yang lebih pendek daripada pria," kata Weiner.

Dia pun menjelaskan, meskipun ia dan istrinya memiliki tinggi beberapa inci, tapi memiliki inseam yang sama dan karenanya mereka memilih sepeda dengan ukuran yang sama.

Setelah memilih ukuran yang sesuai, maka pilihlah warna dan jenisnya, mungkin Anda suka yang memliki keranjang kecil. Tetapi jangan lupa helm dan pompa sepeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini