Perjuangan Lily, Mamah Muda yang Harus Melahirkan di Taksi Online

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 612 2232319 perjuangan-lily-mamah-muda-yang-harus-melahirkan-di-taksi-online-tru6e1twTV.jpg Ilustrasi. (Thebirthstory)

PERNAHKAH Anda membayangkan melahirkan saat perjalanan menuju rumah sakit? Betapa mengerikannya kalau hal itu benar terjadi.

Tapi, itulah yang dialami Lily. Mama muda ini menceritakan pada Okezone kalau dirinya tadi malam, Rabu malam (17/6/2020) baru saja mengalami pengalaman hidup yang tak akan pernah bisa dia lupakan.

Ya, Lily melahirkan di dalam taksi online di perjalanan menuju rumah sakit di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Lily menerangkan, dari peristiwa itu terdapat momen mengharukan, lucu, sekaligus lega.

Pada Okezone, Lily menceritakan, sebelum kejadian itu terjadi semua berjalan dengan baik-baik saja. Di pagi hari, Lily mengaku alami sakit pinggang sampai ke bokong tapi tidak merasakan mules sama sekali.

lahiran

"Di pagi harinya juga saya masih sempat konsultasi dengan dokter kandungan saya dan hasilnya memang belum ada tanda-tanda pembukaan," kata Lily melalui pesan singkat, Kamis (18/6/2020).

Namun, makin sore makin terasa sakit di pinggangnya tersebut. Karena takut terjadi hal yang tak diinginkan, Lily bersama suami dan orangtuanya bermaksud untuk ke rumah sakit.

Nah, pukul 20.00 WIB perutnya mules dan Lily merasa ingin ngeden terus sampai diomelin ibunya. Kondisi ingin ngeden terus ini sampai membuat Lily gak kuat untuk bangun. Alhasil, dia pun mesti dibopong.

Menuju rumah sakit, Lily bersama ibu dan suaminya naik mobil online pun. Baru saja naik belum terlalu jauh dari kediamannya, perut Lily terasa sangat mulas dan kelahiran itu terjadi di momen itu.

"Itu belum lama keluar rumah, baru putar balik. Saya pun gak tahan lagi dan akhirnya ngeden di mobil, eh tiba-tiba kok ngerasa ada yang keluar besar banget dari Miss V," ceritanya.

Setelah itu, Lily langsung bilang ke ibunya, "Mah, udah keluar kepalanya." Mendengar kabar tersebut, ibunya Lili tak berhenti-berhenti mengucap kalimat istighfar.

Tidak lama setelah itu, bayi yang harusnya dilahirkan di rumah sakit itu keluar seluruhnya dari Miss V Lily di dalam mobil online. "Blas, keluar gitu aja. Itu bayi jatuh ke bawah jok. Tapi, Alhamdulillah banget bayinya kuat dan kepalanya enggak kenapa-kenapa. Si bayi juga nangis kencang. Oh iya, bayiku laki-laki," papar Lily.

lahiran

Saat keluar dan jatuh ke bawah jok, tali pusar si bayi masih menyatu dengan tubuh Lily. Kondisi itu diakui Lily sangat merasa ngilu.

Setelah itu, dia langsung mengangkat bayinya dan memberikan selimut sambil digendong. Selama perjalanan ke rumah sakit, tali pusar benar-benar belum diputus, sampai akhirnya tiba di rumah sakit dan suster langsung memotong tali pusar tersebut.

Kemudian, tim medis pun langsung membawa masuk bayi laki-laki tersebut untuk mendapatkan perawatan, salah satunya dibersihkan dari darah-darah yang masih ada di tubuhnya. Sementara itu, Lily masuk ke rumah sakit dengan bantuan kursi roda.

"Enggak bisa dibayangin emang, tapi pas bayi saya keluar, aku sama sekali nggak nyangka. Sehabis itu plong banget rasanya," ungkap Lily yang kini tengah mendapatkan perawatan pemulihan pasca melahirkan di rumah sakit.

Terkait dengan pemeriksaan Covid-19 yang sudah menjadi protokol kesehatan rumah sakit, Lily menjelaskan karena dirinya sudah pernah melakukan Rapid Test Covid-19 sebelumnya, jadi saat tim medis menanyakan hal ini, dia tinggal memberi hasil test.

"Emang ditanya benar soal ini, tapi karena saya sudah tes sebelumnya, jadi tinggal kasih liat hasilnya saja. Lagipula saya lahiran normal, beda dengan yang lahir sesar, si ibu mesti jalani tes yang panjang kayak Swab, Rapid Test dua kali, thorax, dan cek darah," jelas Lily.

Mungkin Anda penasaran bagaimana kemudian nasib mobil online yang menjadi lokasi kelahiran bayi Lily tersebut. Okezone pun menanyakan hal ini ke Lily.

"Sebelumnya, saya bersyukur banget bapak yang bawa mobil baik banget bahkan si bapak sempat kasih minum ke saya. 

Nah, kalau terkait dengan bekas darah yang mungkin ada di dalam mobil, saya nggak tahu bagaimana. Pokoknya ongkosnya kan Rp35 ribu, tapi suami saya kasih Rp250 ribu," kata Lily.

Kabar terbaru, Lily kini sudah kembali segar bahkan dia bercerita sudah bisa mandi tadi pagi. Ya, ini berkat kelahiran normal yang memang tak begitu menimbulkan efek samping berkepanjangan.

Sementara itu, kabar bayi Lily diketahui sehat tanpa ada kekurangan apapun. Kondisi tubuhnya pun baik-baik saja, walau dia lahir di dalam mobil dan jatuh ke bawah jok mobil.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini