3 Aktivitas Seru Main Sambil Belajar Bareng Anak di Akhir Pekan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 196 2232918 3-aktivitas-seru-main-sambil-belajar-bareng-anak-di-akhir-pekan-BgJygvdVTz.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Memutuskan liburan di rumah aja akhir pekan ini? Itu bukan pilihan yang salah, kok, terlebih ketika Anda mempertimbangkan keselamatan anak.

Ya, kita tahu semua bahwa Sabtu (20/6/2020), sebagian besar lokasi wisata buka kembali. Sekalipun buka, kalau memang Anda khawatir membawa anak berlibur, maka Anda bisa liburan di rumah saja.

Bahkan, menurut Psikolog Anak Karina Istifarisny, meski liburan di rumah aja, Anda tetap bisa menyelipkan sesi belajar ke anak lewat permainan. Ya, ada beberapa aktivitas main sambil belajar.

"Aktivitas main sambil belajar akan sangat bermanfaat bagi anak yang usianya di bawah 10 tahun. Selain mendapatkan kebahagiaan, Anda juga bisa mengajarkan nilai baik untuk si anak," kata Karina pada Okezone, Jumat (19/6/2020).

Baca Juga : 4 Potret Keren Tara Basro dengan Urban Style

Berikut 3 aktivitas seru main sambil belajar yang bisa orangtua lakukan di rumah aja bersama anak:

1. Masak

Ibu dan Anak

Bermain peran satu hari, izinkan anak berperan sebagai koki dan menentukan akan memasak apa. Manfaatkan gawai untuk menentukan masakan yang akan dibuat, lalu kerjakan bersama anak.

Memang sedikit lebih memakan waktu, tapi kegiatan ini selain mendekatkan orangtua dan anak, juga membantu anak memahami bahwa agar makanan terhidang di meja, ada proses yang harus dijalani.

2. Berkebun

Ibu dan Anak

Kegiatan berkebun bisa membantu anak-anak untuk memanfaatkan potensi motoriknya yang selama kegiatan di rumah saja kurang terfasilitasi. Beri kesempatan anak untuk mencabut rumput, memetik daun, atau menyiram tanaman sambil orangtua memberikan informasi mengenai berbagai jenis tanaman dan cara perawatannya.

3. Menyuci kendaraan

cuci mobil

Kegiatan ini paling diminati anak-anak karena bermain dengan air. Pada usia anak-anak, bergerak sangat penting untuk memaksimalkan potensi fisiknya, sehingga dalam kegiatan ini, anak bisa bersenang-senang sekaligus mengasah kemampuan motoriknya.

"Pada dasarnya, apapun yang dilakukan bersama dengan orangtua dan menimbulkan perasaan nyaman dan bahagia, sangat baik bagi anak. Selamat bersenang-senang walau di rumah aja," kata Karina

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini