Cuaca Panas, Ini 5 Tips agar Rumah Tetap Sejuk Tanpa Menyalakan AC

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 196 2233107 cuaca-panas-ini-5-tips-agar-rumah-tetap-sejuk-tanpa-menyalakan-ac-g0F5ZVWfTb.jpg Ilustrasi. (Freepik)

MUSIM kemarau akan segera datang, pasti kamu akan terasa gerah karena udaranya panas. Sehabis beraktivitas di luar rumah, tentulah kamu ingin masuk rumah dengan udara sejuk.

Pendingin ruangan atau AC pun menjadi jawabannya. Namun, tidak mungkin kita menggunakan AC secara terus-menerus, ya. Karena tagihan listrik jelas akan naik tajam.

Kali ini Okezone mengutip Boldsky akan mengulas lima tips yangh bisa menjaga kesejukan ruangan, agar tidak perlu menggunakan pendingin ruangan setiap waktunya. Mari simak ulasannya!

Ventilasi alami

ventilasi

Temukan bagian rumah yang paling dipenuhi banyak angin. Buat jendela dan buka jendela di daerah tersebut agar angin mudah masuk ke dalam rumah.

Biarkan jendela terbuka

Jangan tutup jendela pada sore atau malam hari karena udara pada waktu tersebut lebih sejuk dan suhunya tidak terlalu tinggi. Bahkan, terkadang udara akan datang dengan hujan yang akan membuat udara lebih sejuk dan dingin.

Gunakan linen

Kain linen berwarna putih terkenal dengan kain yang tipis sehingga tidak menyerab panas. Dengan demikian, penggunanya tidak akan mudah berkeringat

Tatatan rumah diperhatikan

Tatanan rumah yang baik bisa membuat suasana rumah menjadi sejuk dan memudahkan udara untuk masuk. Peletakan pohon merambat atau menanam rumput juga membuat suasana menjadi lebih keren.

Pilih atap putih

Atap bewarna putih dapat menjadi pilihan untuk membuat rumah terlihat tetap keren, terlebih lagi di perkotaan. Warna putih akan menyerap sinar UV dan memberikan suasana sejuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini