Persalinan Ibu Hamil Positif Covid-19 Harus dengan Operasi Sesar

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 481 2232955 persalinan-ibu-hamil-positif-covid-19-harus-dengan-operasi-sesar-JnYEPjI2xb.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Setiap ibu hamil pasti menginginkan persalinan yang normal. Sayangnya, ada beberapa kasus tertentu yang membuat sang ibu tidak bisa melahirkan dengan cara yang normal.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eric Kasmara Sp.OG mengatakan, ada beberapa kondisi medis yang tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal. Seperti salah satunya adalah penderita Covid-19.

"Ibu yang tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal adalah penderita preeklamsia (tekanan darah tidak terkontrol), herpes genital, HIV, dan positif Covid-19," ujar Eric melalui telekonferensi.

Selain penderita di atas, lanjut Eric, ada beberapa kondisi lain yang mengharuskan ibu hamil tak bisa melahirkan dengan proses normal.

Ibu Hamil

"Kondisi dengan panggul yang sempit juga bisa mengakibatkan seorang ibu di operasi C-Section (operasi caesar)," sambung Eric.

Tak hanya dari faktor ibu, keadaan bayi dengan kondisi tertentu juga memungkinkan sang ibu tidak bisa melahirkan secara normal. Seperti bobot bayi yang besar yakni di atas 4kg, janin presentasi bokong, serta diameter kepala yang besar.

Baca Juga : Gemasnya Maternity Shoot Asmirandah dan Jonas Rivanno Bertema Pop Art Ceria

Sementara itu, terjadinya proses melahirkan dengan jalan operasi caesar juga berlaku untuk ibu hamil dengan indikasi plasenta.

"Indikasi plasenta previa dan plasenta otak rendah juga membuat ibu hamil tidak bisa melahirkan dengan jalan normal," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini