Selai Kacang Bisa Bikin Kamu Sehat, Ini 4 Buktinya

Restu Prihargayu, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 481 2233085 selai-kacang-bisa-bikin-kamu-sehat-ini-4-buktinya-L3XKmooDZo.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SELAI kacang enaknya dimakan bersama roti gandum saat sarapan. Tahu enggak, Okezoners, ada banyak manfaat selai kacang yang bisa kamu ketahui loh.

Dari mulai mencegah penyakit batu empedu hingga menurunkan diabetes, lezatnya makan selai kacang tentu membuatmu tak sia-sia. Makanya simak satu per satu manfaat selai dari dari empat ulasan berikut ini, dilansir Okezone dari NDTV.

Cegah penyakit batu empedu

selai kacang

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi selai kacang dalam jumlah sedang sebenarnya dapat mengurangi risiko batu empedu sebesar 25%. Ini karena sebagian besar batu empedu adalah batu kolesterol, yang terkait dengan kolesterol 'jahat' tingkat tinggi. Kacang memiliki kemampuan menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol 'baik' yaitu HDL, sehingga mengurangi kemungkinan mengembangkan batu empedu.

Menurunkan risiko diabetes

Kacang tanah dan selai kacang telah terbukti secara positif mempengaruhi kontrol gula darah dan membantu mengurangi risiko diabetes. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, makan sekitar 2 sendok makan selai kacang setidaknya 5 hari seminggu, dapat mengurangi risiko terkena diabetes hingga hampir 30%, khususnya diabetes tipe 2.

Tulang menjadi kuat

Zat besi dan kalsium banyak ditemukan dalam selai kacang yang penting untuk mengangkut oksigen dalam darah dan mempromosikan tulang yang kuat dan sehat. Menurut The Orthopedic Group, P.C, menambahkan protein sehat ke dalam makanan sehari-hari, seperti selai kacang, menjadi pilihan yang baik untuk mempertahankan tulang yang kuat.

Menambah energi bagi olahragawan

Bagi yang suka berolahraga, selai kacang sangat pas dengan kalian. Karena, Setiap porsi 2 sendok makan selai kacang mengandung lebih dari 8 gram protein, 2 gram serat makanan, 208 miligram kalium, lebih dari setengah gram zat besi, 24 mikromiligram folat, 188 kalori dan 3 gram gula. Ini sesuai dengan kebutuhan nutrisi binaragawan dengan sempurna dengan mendukung angkat berat yang intens.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini