Ketika Tulisan Seorang Dokter Dimodifikasi Jadi Berita Bohong

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 20 Juni 2020 01:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 481 2233140 ketika-tulisan-seorang-dokter-dimodifikasi-jadi-berita-bohong-nb4rbBakyl.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 memang membuat banyak orang cemas, entah karena takut terkena penyakit, ataupun karena takut menjadi korban PHK. Akibatnya, ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, melemparkan mitos yang belum teruji kebenarannya.

Salah satunya adalah penggunaan minyak kayu putih, yang diklaim dapat menyembuhkan Covid-19. Pesan yang dibuat oleh dr Idrianti Idrus SpKK ini pun kemudian beredar di WhatsApp dan media sosial lainnya.

Dalam pesan tersebut, dikatakan bahwa ayah dari dr Idrianti Idrus SpKK sembuh dari Covid-19 dengan bantuan minyak kayu putih. Dijelaskan juga di dalam pesan berantai tersebut bagaimana pemanfaatan minyak kayu putih untuk pasien Covid-19.

Tapi, yang banyak orang tidak ketahui adalah bahwa pesan tersebut tidak ditampilkan seutuhnya. Melalui pesan DM Instagram, dokter yang kerap disapa Eche itu membongkar semua fakta dari informasi tersebut. Hal pertama yang disampaikan ialah, "Ini tulisan saya sudah diubah dari judul, isi, sampai cara penulisannya," terangnya.

Baca Selengkapnya: Minyak Kayu Putih Sembuhkan Covid-19 Viral di WhatsApp, Ini Ungkapan Dokter Idrianti Idrus

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini