Kesal dengan Embun di Kacamata karena Masker, Ini 4 Solusi Praktis Mencegahnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 612 2232835 kesal-dengan-embun-di-kacamata-karena-masker-ini-4-solusi-praktis-mencegahnya-giDjn3Lt27.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI era new normal ini kita memang harus menerapkan beberapa protokol kesehatan di tempat umum, dan yang paling utama adalah memakai masker serta menjaga jarak.

Tapi, bagi mereka yang menggunakan kacamata, pasti merasa risih jika harus menggunakan masker terus menerus. Pasalnya, di titik tertentu udara panas yang keluar dari masker bisa menyebabkan kacamata berembun. Akibatnya, tentu saja menghambat aktivitas kita.

Beberapa orang pun mengakali masalah ini dengan menjauhkan kacamata dari ujung masker yang terbuka. Tapi, jika cara ini tidak berhasil, apakah ada solusi lain? Dilansir dari Asia One, ada beberapa trik agar kacamata yang kita gunakan bebas dari embun.

pengguna kacamata

Lipat bagian atas masker

Jika Anda suka sesuatu yang tidak perlu melakukan banyak aksi, maka solusi ini patut dicoba. Ya, Anda tidak butuh air sabun atau busa pencukur kumis, Anda hanya diminta untuk lipat masker bagian atas. Solusi ini ditawarkan oleh Tokyo Metropolitan Police Departement di Jepang.


Spray antiembun

Kalau memang Anda punya waktu luang, tidak ada salahnya untuk mencari spray antiembun yang banyak dijual toko kacamata. Spray ini pun menjamin kacamata Anda antiembun sekalipun sedang menggunakan masker.

Pakai foam cukur

Cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengakali munculnya embun di kacamata saat pakai masker adalah dengan mengoleskan foam cukur ke kacamata. Ya, sesederhana itu dan pastikan kaca dibersihkan dengan benar supaya penglihatan tetap baik.

Cuci kacamata dengan sabun

Studi Annals of The Royal College of Surgeons of England yang dikeluarkan pada 2011 merekomendasikan Anda untuk mencuci kacamata dengan air sabun. Upaya ini dianggap berhasil enyahkan embun di kacamata.

"Sebelum pakai masker, usahakan kacamata sudah dicuci terlebih dulu dengan air sabun. Kemudian, keringkan dengan tisu lembut," tulis laporan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini