Baju Bau Apek karena Kehujanan? Atasi dengan Semprotan Cuka

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 612 2233008 baju-bau-apek-karena-kehujanan-atasi-dengan-semprotan-cuka-ndwBKgrlOh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HUJAN deras yang kerap mengguyur Jakarta beberapa hari terakhir mungkin membuat pakaian yang kita jemur tidak kering secara sempurna dan tepat waktu. Akibatnya, jika tidak kering secara sempurna dan tepat waktu, pakaian pun menjadi bau apek.

Bau apek ini pun dapat mengganggu aktivitas karena baunya yang tidak sedap. Lalu, apakah Anda akan beraktivitas dengan bau apek tersebut? Seperti dilansir dari Esquire, berikut cara menghilangkan bau pada baju.

Sinar matahari

Walaupun susah mencari sinar matahari, tidak ada salahnya memerhatikan saat sinar matahari muncul. Saat sinar matahari ini muncul, janganlah malas untuk menjemur kembali pakaian Anda. Sinar matahari tentunya akan sangat membantu pakaian agar semakin kering dan menghilangkan bau apek.

Menggunakan setrika uap

Tentunya, jika Anda memiliki mesin ini, semua masalah bau akan menghilang. Untuk menambahkan wangi yang segar, Anda dapat menambahkan air lemon atau buah segar lainnya.

Jika tidak memiliki mesin uap, tentunya Anda dapat memaksimalkan pada proses penyetrikaan pakaian. Jangan biarkan pakaian tetap lembap setelah disetrika. Setrika lah pakaian sampai kering. Tapi, perlu diingat agar tidak menyetrika pakaian yang belum kering, hal ini akan memperparah bau apek pada baju.

tips jemur baju

Simpan dengan baik

Cara penyimpanan juga tentu akan memengaruhi baju yang Anda cuci. Simpanlah di lemari dengan benar dan akan lebih baik jika menambahkan arang aktif. Arang ini akan menghilangkan dan menangkal bau yang ada pada baju Anda.

Semprot dengan cuka

Salah satu cara menghilangkan bau yang efektif adalah dengan menyeimbangkan pH pada baju tersebut. Untuk urusan ini, cuka adalah jawabannya. Beberapa semprot cuka akan menyeimbangkan pH pada pakaian sehingga tidak bau lagi.

Jika tidak terlalu suka dengan bau cuka, Anda sebaiknya menyemprot baju sebelum digunakan. Sehingga, setelah disemprotkan cuka, Anda memiliki waktu untuk mendiamkan baju luar ruangan dan menghilangkan bau cuka.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini