5 Menu Sarapan Buah untuk Lancarkan Usus

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2020 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 20 298 2233518 5-menu-sarapan-buah-untuk-lancarkan-usus-XxqYiPBZth.jpg Ilustrasi buah (Foto: Freepik)

Menjaga kesehatan sistem pencernaan dapat menjadi hal yang cukup sulit. Apalagi, sistem pencernaan kita mudah terpengaruh dari makanan, olahraga, istirahat, atau kegiatan sehati-hari.

Kali ini, Okezone punya tips untuk tetap sehat tanpa harus melakukan diet yang macam-macam. Dilansir dari NDTV Food, ada beberapa pilihan makanan yang cocok untuk sarapan pagi untuk menjaga kesehatan system pencernaan. Mari kita simak ulasannya!

Ilustrasi buah 

1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang sangat cocok untuk jadi sarapanmu. Pepaya membantu memperlancar sistem pencernaan setiap harinya. Ini disebabkan adanya enzim pencernaan bernama Papain.

2. Apel

Apel kaya dengan vitamin A dan C serta mineral dan potassium. Kandungan tersebut membantu menangani konstipasi dan juga menjaga kesehatan sistem pencernaan karena kaya kandungan serat.

 

3. Timun

Timun mengandung enzim pepsin yang membantu sistem pencernaan agar tetap lancar. Terlebih lagi, perut kerap kali mengalami asam lambung, gastritis, atau tukak lambung.

4. Pisang

Pisang sudah terkenal akan manfaatnya bagi sistem pencernaan. Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga juga penting untuk pergerakan usus. Kamu bisa memakan pisang sebagai tambahan untuk sarapanmu.

Ilustrasi buah 

5. Campuran Madu dan Lemon

Campuran Madu dan Lemon dengan air hangat, dikenal dapat membantu sistem pencernaan dan imunitas. Meminumnya di pagi hari saat perut kosong, dapat memperlancar metabolisme dan membantu dalam proses pengurangan berat badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini