Suka Berbicara Sendiri? Apa Sih Dampak dan Manfaatnya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 20 Juni 2020 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 20 481 2233483 suka-berbicara-sendiri-apa-sih-dampak-dan-manfaatnya-89Ns5HTZt7.jpg Ilustrasi bicara sendiri (Foto: Freepik)

Berbicara kepada diri sendiri atau self talk memang terdengar konyol. Studi mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan ini bisa berdampak negatif dan positif.

Percakapan yang Anda buat dengan diri sendiri dapat berdampak pada tingkat stres Anda, daya ingat, dan yang lainnya.

Self-talk dapat membangkitkan mood atau sebaliknya. Studi menunjukkan bahwa alam sadar atau mood diri berbicara tergantung pada kepribadian masing-masing individu, dan juga cara berpikir positif dapat menjadi alat manajemen stres yang efektif. Ahli kesehatan mental menyatakan bahwa optimis memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Ilustrasi berbicara sendiri 

Baca juga: Tak Ampuh Sembuhkan Covid-19, Amerika Terlanjur Timbun 63 Juta Hydroxycloroquine

Cara self-talk yang positif dapat memiliki efek positif pada kehidupan Anda dan membantu meningkatkan diri Anda sebagai pribadi. Sementara itu, self-talk negatif dapat memiliki dampak negatif pada hidup Anda

 

Dalam kata sederhana, self-talk adalah sesuatu yang Anda lakukan secara alami sepanjang hari selama Anda tersadar, dimana self-talk yang positif dapat dianggap sebagai alat yang ampuh untuk mengangkat rasa percaya diri Anda dan membantu mengekangan emosi negatif.

Apa manfaat self-talk positif?

Para peneliti terus mengeksplorasi efek dari self-talk positif pada keseluruhan kesehatan dan mentalitas seorang individu. Melansir Boldsky, self-talk positif dapat membantu membangun pandangan positif tentang kehidupan yang dapat memiliki manfaat sebagai berikut:

- Mengurangi tingkat stres

- Meningkatkan vitalitas

- Mempromosikan kepuasan mental dan emosional

- Meningkatkan kesejahteraan fisik

- Meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan

- Meningkatkan konsentrasi yang lebih baik

- Meningkatkan keterampilan

Ilustrasi bicara sendiri 

Dalam perspektif Kesehatan, self-talk positif dikatakan memiliki manfaat kesehatan berikut:

- Peningkatan fungsi kekebalan tubuh

- Kesehatan kardiovaskular yang lebih baik dan mengurangi risiko kematian dari penyakit kardiovaskular

- Tingkat penurunan depresi mengurangi tingkat rasa sakit

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengikuti self-talk yang positif mungkin memiliki keterampilan mental yang memungkinkan mereka untuk memecahkan masalah lebih efisien dan efektif. Self-talk yang positif adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membantu mengelola tingkat stres Anda sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini