HUT DKI Jakarta, Cerita Warga Kenang Tempat Pacaran di Ibu Kota

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 21 612 2233928 hut-dki-jakarta-cerita-warga-kenang-tempat-pacaran-di-ibu-kota-UwhE129pxc.jpg Pantai Ancol kembali dibuka (Foto : Heru/Okezone)

Jakarta selalu menyimpan cerita hidup yang mengasyikan, termasuk untuk anak hits di zaman 80-an. Di era itu, Jakarta terbilang 'bebas', maksudnya belum banyak aturan seperti sekarang.

Tante Loly, warga Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, punya cerita menarik tentang tempat pacaran di era 80an. Lokasi yang dipilih ternyata bukan tempat-tempat yang Anda bayangkan, misalnya Binaria, Sarinah, atau Mal Ratu Plaza.

Menurut Tante Loly, ada dua spot pacaran yang selalu diincar kawulan muda zaman 80-an, lokasi itu adalah kebun binatang Ragunan dan Pantai Ancol.

"Dulu itu, Ragunan bukan lokasi wisata keluarga, tapi tempat orang pacaran. Siang-siang, lho. Nah, kalau malem, anak Jakarta suka pacaran ke Pantai Ancol," cerita Tante Loly pada Okezone, Jumat (19/6/2020).

Pantai Ancol

Jadi, alasan kenapa Ragunan itu jadi tempat pacaran adalah karena lokasinya yang rindang dan seru untuk jalan-jalan sama pacar. "Dulu kan kalau pacaran itu kita orang sukanya berduaan sama pacar jalan-jalan, nah Ragunan tempat yang seru," tutur Tante Loly diakhiri tawa kecil.

Dia pun menceritakan bagaimana serunya pacaran di Pantai Ancol. Jadi, di tahun 80-an itu, Pantai Ancol masih sangat bebas dan yang namanya mobil atau motor bisa parkir di pasir pantainya. Benar-benar ke pantai.

Terus, di Pantai Ancol itu yang namanya tukang jajanan udah ada dari zaman dulu dan yang namanya tenda pinggir panti udah ada. "Jadi, pacarannya menikmati pantai sambil makan mie dan minum yang anget-anget. Terus ada tenda juga, jadi bisa main gitar sama pacar di pinggir pantai. Seru banget, deh, dulu tuh," ucap Tante Loly.

Selain dua tempat itu, Tante Loly juga bercerita kalau Monas jadi lokasi pacaran lainnya. Di eranya dulu, di Monas itu taman ria yang ada setiap hari. Walau, sambung Tante Loly, waktu paling ramai tentunya malam Minggu.

"Di Monas itu anak muda yang pacaran main di taman rianya, kayak main tembak-tembakan air. Selain itu, di Monas dulu juga ada Bar, lupa aku namanya. Jadi, di Bar itu kita bisa minum, ketemu teman, ya, intinya seru-seruanlah. Jadi inget masa muda dulu," ucap Tante Loly lantas tertawa.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini